PENGEMBANGAN KOMPETENSI BK ONLINE PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MALANG

M. Ramli, Nur Hidayah, Nur Eva, Husni Hanafi, Nur Mega Aris Saputra

Abstract


Kegiatan pelatihan dimaksudkan untuk membantu guru Bimbingan dan Konseling (BK) Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang meningkatkan (1) pemahaman mengenai hakikat bimbingan dan konseling online, jenis bimbingan dan konseling online, jenis media, dan aplikasi yang digunakan dalam pelayanan BK online, dan (2) keterampilan memanfaatkan teknologi dan informasi guna pelaksanaan bimbingan dan konseling online secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan ialah pendekatan pembelajaran terstruktur (structured learning approach) yang terdiri dari prosedur pembinaan hubungan baik, pemberian model, permainan peran, pemberian balikan, dan alih belajar dalam konteks nyata. Kegiatan dilakukan pada September 2020 dengan 25 guru BK sebagai peserta. Untuk mengukur capaian tujuan digunakan tes pengetahuan BK online dan scaling questions tentang keterampilan BK online. Data capaian dianalisis dengan uji t sampel berhubungan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi para peserta pelatihan dalam dalam pelayanan BK online di SMA secara efektif dan efisien. Secara rinci, ada (1) peningkatan skor rerata perolehan pengetahuan peserta sebesar 30 poin (pretes 40 dan postes 70). Peningkatan tersebut signifikan dengan t 21.832 (paired-samples t test) dan taraf keyakinan 95% dari segi perolehan pengetahuan tentang tentang hakikat bimbingan dan konseling online, jenis bimbingan dan konseling online, jenis media dan aplikasi yang digunakan dalam pelayanan BK online; dan (2) peningkatan skor rerata perolehan keterampilan peserta sebesar 20 poin (pretes 60 dan postes 80). Peningkatan tersebut signifikan dengan t 37.188 (paired-samples t test) dan taraf keyakinan 95% dari segi perolehan Keterampilan guru BK SMA Kota Malang dalam memanfaatkan teknologi dan informasi guna pelaksanaan BK online secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, online, Revolusi Industri 4.0, SMA


Full Text:

PDF

References


Ardyanti, A. W., Hitipiew, I., & Ramli, M. (2017). The Structured Learning Approach (SLA) Modification to Improve Sharing Skills Of At-Risk Students in Elementary School. European Journal Of Education Studies, 3(7), 361–371.

Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14.

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th Ed). Cengage Learning.

Flurentin, E. (2016). Manajemen Bimbingan dan Konseling. UM Press.

Hidayah, N., & Ramli, M. (2013). Pengembangan Model Cybercounseling Kognitif Behavioral Untuk Meningkatkan SRL Siswa SMP.

Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menristekdikti. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. https://ristekdikti.go.id/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revo-lusi-industri-4-0-2/

Prabawa, A. F., Ramli, M., & Fauzan, L. (2018). Pengembangan Website Cybercounseling Realita untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 59–68.

Praherdhiono, H. (2017). Pembelajaran Berbasis Komputer (Ketika Mahasiswa Dan Kampus Mulai Mobile). Kuliah Tamu Di Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Prayitno. (2004). Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Depdiknas.

Ramli, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2018). Effectiveness of structured learning approach to improve counselors’ competence in applying solution-focused counseling. International Conference on Education and Technology.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Santoso, D. B. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. BK FIP UM.

Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., Abdullah, D., & Muslihati, M. (2020). Pelaksanaan Layanan Cyber Counseling Pada Era Society 5.0: Kajian Konseptual. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 73–79.

Sprafkin, R. P., Gershaw, N. J., & Goldstein, A. P. (1993). Social Skills for Mental Health: A Structured Learning Approach. Allyn and Bacon.

Thompson, A. R. (2003). Counseling Techniques (2nd Editio). Routledge.

Tolan, J. (2006). Skills in Person-Centered Counseling and Psychotherapy. SAGE Publications.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey Bass.

Wahyuni, T. E. (2012). Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Dasar Komunikasi Calon Konselor dengan Structured learning approach. Universitas Negeri Malang.

Yusuf, S. (2006). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Pustaka Bani Quraisy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.