PENGUATAN ORANGTUA DI TENGAH PANDEMI GUNA MENJAGA FITRAH ANAK

Rosyida Nurul Anwar, Iin Priyanti, Utami Sukowati, Lailatul Mubarokah, Vera Yuniya

Abstract


Peran orangtua di tengah pandemi covid-19 menjadi multitasking. Selain bekerja, dan mengurus serta memenuhi kebutuhan rumah tangga, orangtua dituntut untuk mendidik dan mendampingi anak belajar dirumah. Penguatan orangtua dalam menjaga fitrah anak di tengah situasi pandemi menjadi bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna mengembangkan keeksistensian dan perkembangan potensi anak yang telah dibawa sejak lahir. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring dalam bentuk kuliah dan diskusi menggunakan aplikasi grup whatsApp. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa para orangtua sangat serius mengikuti kegiatan dengan 95% peserta tuntas mengikuti hingga akhir. Ditinjau dari aspek kesesuaian/relevansi dan kemanfaatan materi yang disajikan dalam kegiatan ini sangat berguna bagi orangtua dalam usaha menjaga fitrah anak di masa pandemi dengan 81, 25% peserta menyatakan sangat bermanfaat dan 19,75% menyatakan cukup bermanfaat. Menguatkan orangtua dan memberikan ilmu parenting menjadi orangtua di masa pandemi dalam menjaga fitrah anak menjadi langkah nyata dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi modal besar dalam menguatkan peran orangtua dalam mendidik anak.


Kata kunci : anak, fitrah, penguatan orangtua


Full Text:

PDF

References


Al-Jauziyyah, I. Q. (2005). Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Mesir: Darul Asar.

Anwar, R. N. (2019). Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran Pada Ibu Rumah Tangga Di TPQ Anwarul Qulub Sidorejo. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, (April), 162–166. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anwar, R. N., & Cristanti, Y. D. (2019). Peran Pendidikan Anak Perempuan Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Care, 6(2), 11–18.

Ayun, Q. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. Attarbiyah, 26, 91–118. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v26.91-118

Clark, H., Coll-Seck, A. M., Banerjee, A., Peterson, S., Dalglish, S. L., Ameratunga, S., … Costello, A. (2020). A Future for the World’s Children? A WHO–UNICEF–Lancet Commission. The Lancet, 395(10224), 605–658.

https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)32540-1

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 Pandemic. Prospects. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Dar, K. A., Iqbal, N., & Mushtaq, A. (2017). Intolerance of Uncertainty, Depression, and Anxiety: Examining the Indirect and Moderating Effects of Worry. Asian Journal of Psychiatry, 29, 129–133. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2017.04.017

Departemen Agama RI. (2017). Syamil Al Quran dan Terjemahan. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.

Ismail, S. (2013). Tinjauan Filosofis Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(2), 242–262.

Katsir, I. (2004). Tafsir Al-Qur’an al-Azhim. Cairo: Maktabah as-Shofa.

Ludvigsson, J. F. (2020). Systematic review of COVID-19 in Children Shows Milder Cases and A Better Prognosis than Adults. Acta Paediatrica, 1.

OMEP Executive Committee, W. O. for E. C. E. (2020). Early Education and Care in the Time of Covid-19. International Journal of Early

Childhood, 52(2), 119–128. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00273-5

Sahlberg, P. (2020). Will the Pandemic Change Schools? Journal of Professional Capital and Community. https://doi.org/10.1108/JPCC-05-2020-0026

Santoso, H. (2017). Fitrah Based Education. Bekasi: Yayasan Cahay Mutiara Timur.

Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–174.

Sholichah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 1(2), 69–86. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.11 Childhood


Refbacks

  • There are currently no refbacks.