PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN ETIKA KERJA PARA PEKERJA BANGUNAN MASYARAKAT SEKITAR UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Priyono Priyono, Made Wena, Sugiyanto Sugiyanto, Achmad Saiful Arifin

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini bermaksud untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi para pekerja bangunan tersebut melalui kegiatan pelatihan kejuruan yang bertujuan meningkatkan kemampuan mereka terkait dengan profesinya. Metode pelatihan diawali dengan menguraikan masalah kebutuhan pekerja, penyiapan materi, dan pelatihan yang berisi penyampaian materi, diskusi, praktek, dan pendampingan setelah pelatihan. Materi pelatihan meliputi pengenalan bahan dan teknologi baru dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan, pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja dan juga etika kerja yang diperlukan dalam dunia pekerjaan bangunan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Bengkel Kerja yang ada di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UM dan juga di lapangan tempat mereka bekerja. Peserta pelatihan para pekerja yang berusia muda dan pernah sekolah formal setidaknya SLTA. Manfaat kegiatan ini bagi para peserta pelatihan antara lain adalah diperoleh seperangkat pengetahuan, keterampilan, etika yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri mereka dalam menekuni profesi sebagai pekerja bangunan seiring dengan perkembangan tuntutan masyarakat perkotaan yang menjadi konsumen jasa mereka.


Kata Kunci: Etika, Keterampilan, Pekerja Bangunan, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Ernawati, A. (2010). Peningkatan Keahlian Tukang Bangunan Guna Menunjang Program K3 dan Iso 9002 dalam Bidang Pekerja Jasa Konstruksi. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 3 (3), 287-297

Evita, M. & Supriani, F. (2012). Analisis Kualitas Konstruksi Perumahan Real Estate di Kota Bengkulu Berdasarkan Persepsi Konsumen dan Kesesuaian Persyaratan Tahan Gempa. Jurnal Inersia, 4(2), 1-11

Gartiwa, M. (2011). Morfologi Bangunan dalam Konteks Kebudayaan. Muara Indah. Bandung

Hersey, P., Blanchard, K.H., & Johnson, D.E. (2013). Management of Organizational Behaviour: Leading Human Resources. Prentice Hall, Inc. New Jersey

Ismail, S., Yusuf, A., Shukri, W., & Razif, N. (2015). Pelayaran Cheng Ho Terhadap Pertukangan Cina pada Bangunan Masjid di Nusantara pada Abad ke-15 M. Jurnal Usuluddin, 4(1), 125-145

Kim, JuSeuk. (2016). Development of a Global Lifelong Learning Index forr Future Education. Asia Pacific Education, 1(17), 439-463

Nana, Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung

Permendikbud RI No 3 Tahun 2020. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kementerian pendidikan dan kebudayaan

Rahmatullah. (2015). Kualifikasi Pengetahuan dan Ketrerampilan Tukang Kayu Kpnstruksi No-Sertifikasi Berdasarkan SKKNI pada Proyek Wilayah Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(3), 69-79

Rijianto, B.B. (2010). Pedoman Praktis Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan. Mitra Wacana Media. Jakarta

Septiani, Mita. (2015). Community Learning Center Experience In Facilitating Lifelong Learning Society. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(2), 67-76.

Sugiarto, Agung. (2016). Pengembangan Penilaian Keterampilan Praktik Katyu pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(15), 96-104

Umar, M.Z. (2016). Formulasi Pengetahuan Tukang Bangunan Mengenai Pondasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 11-22

Wardhana, K.W., & Sutikno. (2015). Kualifikasi Pengetahuan dan Ketererampilan Tukang Besi Beton Berdasarkan SKKNI pada Proyek di Wilayah Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(15), 96-104

Yusuf, A. & Ismail, S. (2014). Sumbangan Pertukaran Cina Terhadap Reka Bentuk Masjid: Kajian Terhadap Komponen Luar Masjid di Malaka pada Abad 18. Jurnal al-Tamaddun, 9(1), 57-66


Refbacks

  • There are currently no refbacks.