IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF ERA INDUSTRI 4.0 BAGI GURU SMK ISLAM 1 KOTA BLITAR

Tri Kuncoro, Priyono Priyono, Made Wena, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran konvensional yang masih terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam 1 Blitar. SMK Islam Kota Blitar adalah SMK swasta dengan 2400 siswa, merupakan SMK dengan jumlah siswa terbesar di di Kota Blitar.. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat era industri 4.0, kurang dijadikan pendorong pengajar untuk dimanfaatkan sebagai sarana memudahkan pembelajaran. Mengacu pada kondisi tersebut maka tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para guru dalam merancang dan menerapkpan model pembelajaran inovatif era industri 4.0. Penyampaian materi pelatihan dilakukan dengan metode Hybrid Learning yaitu secara tatap muka di SMK Islam 1 Kota Blitar dan secara daring. Sasaran utama kegiatan ini guru matapelajaran kelompok adaftif dan produktif SMK Islam Kota Blitar, dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 50 guru. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah berhasil dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran inovatif pada pelaksanaan pembelajaran.


Keywords: Inovatif, Industri 4.0, Pembelajaran, SMK


Full Text:

PDF

References


Ananiadou, K. and Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris, OECD Publishing.

Barry, M. (2012) What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Tempe, AZ, University of Phoenix.

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2006). The handbook of blended learning : global perspectives, local designs. Pfeiffer.

Bates,.T. (2017). Teaching in a Digital Age. NY: Information Science Reference

Baker, C. (2010). The Impact of Instructor Immediacy and Presence for Online Student Affective Learning, Cognition,and Motivation. The Journal of Educators Online V ol. 7, No. 1

Caulfield, J. (2011). How to design and teach a hybrid course : achieving student-centered learning through blended classroom, online, and experiential activities. Stylus Pub.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education : framework, principles, and guidelines. Jossey-Bass.

Pallegrino, J.W. and Margaret L. H (2102). Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. Diunduh Juni 2017 dari http://www.nap.edu/catalog.php?record_id=13398.

Scott, C.L. (2015c). The Futures of Learning 3: What kind of pedagogies for the 21st century? UNESCO Education Research and Foresight, Paris. [ERF Working Papers Series, No. 15].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.