PEMBUATAN MATERI BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI MALANG

Sugiyanto Sugiyanto, Isnandar Isnandar, Made Wena

Abstract


Di ara industri 4.0 ini guru dituntut untuk bisa memanfaatkan perkembangan digital sebagai bagian integral dalam pelaksanaan pembelajaran. Berkembanganya model pembelajaran Hybrid Learnimg pada lembaga pendidikan mengharuskan para guru memiliki kompetensi dalam membuat dan menyajikan materi pembelajaran melalui media digital yaitu melalui internet/dalam jaringan. Berdasarkan hasil survey pendahuluan ternyata hampir 90% guru tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan bahan ajar berbasis digital. Mengacu pada analisis situasi di atas, maka tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru tentang pembuatan materi bahan ajar berbasis digital. Khalayak Sasaran adalah guru Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Ssekolah Mengenah Kejuruan (SMK) di Malang dengan jumlah peserta 35 orang guru. Berdasarkan hasil evaluasi, pada akhir kegiatan para peserta telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat, menguploud, mendownloud materi bahan ajar berbasis digital. Disamping itu target capaian luaran kegiatan ini adalah (l) Publikasi Ilmiah pada jurnal Ber ISSN/Prosiding jurnal Nasional, (2) Publikasi kegiatan pada media masa cetak/Online dan (3) Buku/book chapter ber ISBN serta hak cipta.


Kata Kunci: Bahan Ajar, Digital, SMK


Full Text:

PDF

References


Ananiadou, K. and Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris, OECD Publishing.

Barry, M. (2012) What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Tempe, AZ, University of Phoenix.

Bates,.T. (2017). Teaching in a Digital Age. NY: Information Science Reference

Baker, C. (2010). The Impact of Instructor Immediacy and Presence for Online Student Affective Learning, Cognition,and Motivation. The Journal of Educators Online V ol. 7, No. 1

Caulfield, J. (2011). How to design and teach a hybrid course : achieving student-centered learning through blended classroom, online, and experiential activities. Stylus Pub.

Marina C, et. al.(2017). From Concept to the Introduction of Industry 4.0 . International Journal of Industrial Engineering and Management (IJIEM), Vol. 8 No 1, 2017, pp. 21-30

Pallegrino, J.W. and Margaret L. H (2012). Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. Diunduh Juni 2017 dari http://www.nap.edu/catalog.php?record_id=13398.

Scott, C.L. (2015c). The Futures of Learning 3: What kind of pedagogies for the 21st century? UNESCO Education Research and Foresight, Paris. [ERF Working Papers Series, No. 15].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.