PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMPN 3 MALANG

Lia Yuliati, Titik Harsiati, Bahrul Rizky Kurniawan, Dio Lingga Purwodani

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan pelatihan pembelajaran dan penilaian berbasis komputer kepada 50 orang di SMPN 3 Malang. Materi yang diberikan pada pelatihan meliputi pembelajaran dan penilaian berbasis komputer khususnya pembelajaran dengan video pembelajaran dan asesmen kompetensi minimum, serta strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Kegiatan ini diharapkan berdampak pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kegiatan dilakukan dengan pelatihan secara daring dan luring karena masa pandemo Covid-19 sehingga setiap kegiatan selalu memperhatikan protokol kesehatan. Pelatihan dilakukan dengan tahapan analisis kebutuhan, pengembangan bahan pelatihan dan workshop, workshop, pendampingan praktek, dan evaluasi kegiatan. Pada tahap analisi kebutuhan dan evaluasi kegiatan diberikan angket. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memperoleh pengetahuan baru dalam merancang pembelajaran yang dilengkapi dengan video pembelajaran, dan konsep dasar serta contoh soal asesmen kompetensi minimum yang lebih kontekstual sehingga dapat digunakan guru pada pembelajaran. Guru lebih menguasai pembelajaran daring yang dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis komputer. Guru mudah mengimplementasikannya dalam pembelajaran jika dibelajarkan dengan praktek langsung dan pendampingan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat ditingkatkan melalui contoh dan praktek pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan pembelajaran berbasis komputer.

 

Kata kunci: asesmen kompetensi minimum, pembelajaran dan penilaian berbasis multimedia, kompetensi guru


Full Text:

PDF

References


Alandia, Rahma Ghalda, Jumadi, Insih Wilujeng, and Heru Kuswanto. 2019. “The Effects of Web-Assisted Problem Based Learning Model of Physics Learning on High School Students’ Critical Thinking Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1233:012048. doi: 10.1088/1742-6596/1233/1/012048.

Aryani, Dila Rizki, Azizahwati, and Zulirfan. 2019. “The Development of Physics Education Problem Based Learning Web as Physics Learning Media for Vocational High School.” Journal of Physics: Conference Series 1351:012016. doi: 10.1088/1742-6596/1351/1/012016.

Costa, Arthur L. 1985. “Developing Minds: A Resource Bookfor Teaching Thinking.” Association for Curriuclum and Supervision. Arlington, VA.

Davidson-Shivers, Gayle V., Karen L. Rasmussen, and Patrick R. Lowenthal. 2018. Web-Based Learning: Design, Implementation and Evaluation. 2nd ed. Springer International Publishing.

Earl, Lorna M. 2003. Assessment as Learning: Using Classroom Assessment to Maximize Student Learning. Corwin Press.

Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measurement Reason LCC and Insight Assessment.

Hartatiek, Hartatiek, Yudyanto Yudyanto, Winarto Winarto, Edi Supriana, Ahmad Taufiq, and Markus Diantoro. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ulum Malang.” Jurnal KARINOV 1(2).

Hidayat, Wahyu Nur, Tri Atmadji Sutikno, Patmanthara Patmanthara, and Chrismon Dwi Indah Kartikasari. 2019. “Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Smk.” Jurnal Graha Pengabdian 1(2):17–27.

Irdianto, Windra, Taufik Ikhsan Slamet, Andika Bagus Nur Rahma Putra, and Yoto Yoto. 2019. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio 8.” Jurnal KARINOV 2(2):139–145.

Kaczmarek, Kristie, Emily Chen, and Hiroe Ohyama. 2020. “Distance Learning in the COVID‐19 Era: Comparison of Student and Faculty Perceptions.” Journal of Dental Education jdd.12469. doi: 10.1002/jdd.12469.

Kemendikbud. 2020. AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rahmaningrum, Vardana Nur. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk Negeri 3 Surabaya.” 05:8.

Redhana, I. Wayan. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13(1).

Sugito, T., S. M. E. Susilowati, H. Hartono, and T. Supartono. 2019. “Integrating Edmodo Application in Science Teaching and Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1170:012047. doi: 10.1088/1742-6596/1170/1/012047.

Zainudin, Z., and B. Pambudi. 2019. “Developing Critical Thinking Skills-Based Learning Set of Basic Physics Subject Using Edmodo in Android Platform.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 15(1):14–23. doi: 10.15294/jpfi.v15i1.14350.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.