PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HYBRID PADA GURU SMK DI WILAYAH BLITAR

Made Wena, Sugiyanto Sugiyanto, Priyono Priyono

Abstract


Semenjak pandemi Covid-19 pelaksanaan pembelajaarn dilakukan melalui media dalam jaringan (daring) dan sebagain dilajukan secara tatap muka/luar jaringan (luring).   Mengingat perpaduan pembelajaran tatap muka dan daring dilakukan secara mendadak dan tanpa persiapan yang matang, maka pelaksanaan pembelajaran tidak bisa maksimal. Banyak permasalahan yang muncul baik dari pihak guru maupun pihak siswa. Hal ini terjadi karena guru belum paham bagaimana memadukan pembelajaran daring dan luring  secara sistematis.  Mengacu pada kondisi tersebut maka tujuan  kegiatan  ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para guru SMK Program  keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di  Kota dan Kabupaten  Blitar dalam penerapan model pembelajaran  Hybrid.  Metode kegiatan  dilakukan melalui ceramah, diskusi, presentasi, dan  penugasan yang dilakukan secara daring dan luring. Berdasarkan hasil evaluasi  dan pengamatan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah berhasil dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari  peningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merencanakan dan mengimplementasikan model  pembelajaran hybrid.

 

Kata Kunci: Hybrid Learning, Pembelajaran, SMK

Full Text:

PDF

References


Bates, T. (2017). Teaching in a Digital Age. NY: Information Science Reference.

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2006). The handbook of hybrid learning : global perspectives, local designs. Pfeiffer.

Caulfield, J. (2011). How To Design And Teach A Hybrid Course : Achieving Student-Centered Learning Through Blended Classroom, Online, And Experiential Activities. Stylus Pub.

Kaye, T. (2013). Blended learning how to integrate daring and traditional learning. United States: Kogan Page.

Priyono, Sugiyanto, Wena, M. (2019). Blended learning how to integrate daring and traditional learning. Ponorogo: Wade Group.

Sabagh, H. A. E. (2011). The Impact of a Web-Based Virtual Lab on the Development of Students’ Conceptual Understanding and Science Process Skills. Education Dresden University of Technology.

Sugiyanto, I. dan S. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Kumunikasi. Ponorogo: Wade Group.

Sünbül, A. . & K. A. (2017). Reflective Thinking And Teaching Reflective Thinking. Necmettin ErbakanUniversity, Ahmet Keleşoğlu Education Faculty.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Westover, J.H & Westover, J. P. (2014). Teaching Hybrid Course Across Disciplines: Effectively Combining Traditional Learning and e-Learning Pedagogies. International Journal of Information and Education Technology, 4(1).

Young, J. (2012). “Hybrid” teaching seeks to end the divide between traditional and online instruction. Chronicle of Higher Education, 48(28).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.