STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA KONSTRUKSI MANDIRI ERA INDUSTRI 4.0 MAHASISWA SEMESTER AKHIR

Made Wena, Sugiyanto Sugiyanto, Priyono Priyono

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan  mahasiswa semester akhir jurusan Teknik Sipil FT UM tentang pengembangan usaha dalam bidang jasa konstruksi era industri 4.0. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tugas lapangan dilakukan secara daring dan luring.  Khalayak sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa semester Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Mengacu pada tujuan kegiatan dapat disimpulkan bahwa setelah diadakan pelatihan pemahaman mahasiswa semester akhir  terhadap pengembangan usaha jasa konstruksi mandiri era industri 4.0 meningkat secara signifikan. Terdapat bebeapa hasil, manfaat dan dampak yang dihasilkan dalam kegiatan yaitu (l) meningkatkan kesadaran mahasiswa semester akhir tentang pentingnya berwirausaha dalam bidang usaha jasa konstruksi, (2) bertambahnya pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang berbagai model usaha dalam bidang jasa kontruksi, dan (3) bertambahnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang berbagai model promosi atau teknik pemasaran usaha jasa konstruksi berbasis digital pada era industri 4.0

 

Kata Kunci: Jasa Konstruksi, Pelatihan, Teknik Sipil.


Full Text:

PDF

References


Dkk., H. A. . (2019). Pemahaman Kewirausahaan Strategi Mengubah Pola Pikir. Surabaya: Kencana Prenada.

Gunawan L, Haryono S, dan, A. F. (2021). Social Media Influencer, Brand Awareness, And Purchase Decision Among Generation Z In Surabaya. JMK, 23(1), 18–26. https://doi.org/10.9744/Jmk.23. 1. 18–26

Hasanah. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstormingdengan Media Pohon Fisika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Semarang.

Kertayasa, G. (n.d.). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan/ Enterpreneurship Di Kalangan Generasi Muda. Makalah Pada Seminar Yang Diadakah Kesrasetda Kab Buleleng Bali.

Nitisusastro. M. (2009). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabetha.

Nurlina. (n.d.). Minat Berwirausaha Bagi Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Sumbar.

Rahmi. E. (2015). Re-Design Ma ta Kuliah Kewirausahaan Sebagai Upaya Melahirkan Entrepreneur Muda. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Pada.

UMY. (2015). Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting Dalam Menciptakan Peluang Kewirausahaan. Journal UMY.

Widayati E, Yunaz H, Rambe T, Siregar B.W, Fauzi A, dan R. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. Jurnal Ilmiah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.