Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis 3D Pageflip Professional dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Membantu Siswa dalam Menerapkan Hukum Fluida Statis

Fatmatul Ailiyah, Edi Supriana, Nurul Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan dan mengetahui kelayakan modul digital interaktif berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk membantu siswa dalam menerapkan hukum fluida statis. Keunggulan modul ini dengan modul yang sudah berkembang yaitu tampilan modul ini berupa 3 dimensi, dilengkapi dengan multimedia interaktif dan video tutorial problem solving serta kuis formatif. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model four-D dengan empat tahapan yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Adapun kelayakan dari modul ini diketahui melalui uji validitas dan kepraktisan menggunakan lembar validitas dan uji coba terbatas. Subjek uji coba dalam menguji keterbacaan produk dan uji kepraktisan terdiri dari siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 8 Malang. Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan melalui hasil angket validasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu tenik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

T. H. Purnomo and I. Akhlis, “Educational computer game materi listrik dinamis sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 7, pp. 121–127, 2011.

A. H. Nuzuliana, F. Bakri, and E. Budi, “Pengembangan video pembelajaran fisika pada materi fluida statis di SMA,” in Pros. Sem. Nasi.l Fisika (E-Journal) SNF2015, vol. 4, 2015, pp. 27–32.

U. Uslima, C. Ertikanto, and U. Rosidin, “Contextual learning module based on multiple representations: The influence on students’ concept understanding,” J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 3, no. 1, pp. 11–20, 2018.

H. Rosdianto, “Students’ science process skills through generative learning model in the topic of light,” J. Ilmu Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 8–12, 2019.

D. N. Hidayah and G. Priscylio, “Pengembangan bahan ajar mandiri pokok bahasan suhu dan kalor menggunakan software Camtasia,” JoTaLP J. Teach. Learn. Phys. 4, vol. 4, no. 1, pp. 65–73, 2019.

A. Saregar, R. Diani, and R. Kholid, “Efektivitas penerapan model pembelajaran ATI (aptitude treatment interaction) dan model pembelajaran TAI (team assisted individualy): Dampak terhadap hasil belajar fisika siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, vol. 3, no. 1, pp. 28–35, 2017.

S. Yuanna and M. Kadri, “Meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi pokok fluida statis melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas XI semester ganjil SMAN 14 Medan T.P 2018/2019,” J. Ikat. Alumni Fis. Univ. Negeri Medan, vol. 4, no. 4, pp. 28–35, 2018.

P. Purnamasari, S. An’nur, and A. Salam M, “Pengembangan bahan ajar melalui model pembelajaran REACT pada materi elastisitas,” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 3, pp. 209–221, 2016.

S. Setyandaru Tegas Amanda, Wahyuni and P. D. A. Putra, “Pengembangan modul pembelajaran berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di SMA/MA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 3, pp. 218–224, 2017.

Wartono, A. M. Saifullah, and Sugiyanto, “Identifikasi miskonsepsi siswa kelas X pada materi fluida statis dengan instrumen diagnostik three-tier,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 23, no. 1, pp. 20–26, 2016.

Yusrizal, “Analysis of difficulty level of physics national examination’s questions,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 5, no. 1, pp. 140–149, 2016.

A. B. Rizkiyati, B. Supriadi, and M. Maryani “Tingkat pemahaman konsep siswa SMKN 5 Jember pada pokok bahasan fluida statis menggunakan tes diagnostik four tier test,” in Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 197–202, 2018.

D. Rukmana, “Identifikasi miskonsepsi pada materi prinsip archimedes di SMK,” J. Wahana Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, pp. 36–43, 2017.

R. Ramdani, E. Murdani, I. Kusumawati, and H. Park, “Development of physics laboratory manual: Characteristic of resistors circuit,” J. Ilmu Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 13–20, 2019.

E. Jhonson, CTL (Contextual Teaching and Learning). Bandung: Mizan Media Utama, 2014.

U. S. Sa’ud, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

A. D. Puspitasari, “Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 17–25, 2019.

S. A. Kususa, Sudarta, and P. D. Aristya, “Pengembangan modul fisika berbasis kontekstual pada materi alat-alat optik dalam pembelajaran di kelas X SMAN 3 Lumajang,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 158–165, 2017.

K. R. Winatha et al., “Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 188–199, 2018.

Rochmad, “Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika,” J. Kreano, vol. 3, no. 1, pp. 59–72, 2012.

Ilyas and A. N. A. M. Liu, “Development of physics learning tools based on contextual teaching and learning in a remote island area,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publikasi Oleh:

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Gedung B22, Lowokwaru, Malang, 65145

Website: www.fisika.fmipa.um.ac.id
Email: fisika.fmipa@um.ac.id