Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA pada Materi Hukum Newton

Anggian Anggraeni, Sulur Sulur, Asim Asim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry disertai mind mapping dan konvensional pada pokok bahasan Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang. Teknik pengambilan sampel dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas XG sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol. Pengambilan data prestasi belajar fisika siswa yaitu diberikan tes pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Man Whitney U Test. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 84,6 lebih tinggi daripada kelas kontrol 77,9. Hasil uji hipotesis prestasi belajar fisika didapat Zhit (4,36) > Z 16α/2">  (1,96), menunjukkan bahwa ada perbedaaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran guided inquiry disertasi teknik mind mapping daripada siswa yang belajar secara konvensional.

Kata Kunci: Pembelajaran inquiry, mind mapping; prestasi belajar fisika.

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. 2013. Pengaruh Model Pmebelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online) , vol: 3, (http://ejournal.undiksha.ac.id/), diakses pada 5 Oktober 2015.

Warimun, E. S. 2011. Peningkatan Penguasaan Konsep Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Problem Solving Pada Topik Optika Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, Vol IX No. 2.

Kamehameha School.2010. 21st Century Skills for Students and Teachers. Kamehameha Schools Research & Evaluation | 567 S. King Street, 4th Floor | Honolulu, HI 96813.

Susilo, H. 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015 yang diselenggarkan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21, 729-741.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawati, A., Santosa, K. & Isnaeni W. 2014. Pengaruh Guided Inquiry Berbasis Proyek terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education, 3(1): 35-43.

Hakim, A. & Rame. D. 2012. Perbedaan Hasil belajar Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Konvensional pada Materi Pokok Besaran dan Satuan. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), 1 (2): (2012) 7-12, (http://dikfispasca.org/), diakses pada 2 Maret 2016.

Kuhltahau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. 2007. Guided Inquiry: Learning In The 21st Century School. USA: Greenwood Publishing Group.

Ari, N. M., Dantes. N., & Tastra. I. D. K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. e-Journal, (Online), Vol 1: (2013) 1-10, (http://ejournal.undiksha.ac.id/), diakses pada 5 Oktober 2015.

Agustanti. 2012. Implementasi Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 16-20.

Tee, T. K., Azman, M. N. A., Mohamed, S., Mohammad, M. M., dkk. 2014. Buzan Ming Mapping: An Efficient Technique for Not-Taking. World Academy of Science, Engineering and Technology, International Journal of Science and Engineering, (Online), 8(1), (waset.org), diakses pada 19 November 2016.

Adodo, S. O. 2013. Effect of Mind mapping as a Self-Regulated Learning Strategy on Students’ Achievement in Basic Science and Technology. Mediterranean Journal of Social Sciences. 4 (6): 163-171, (Online), diakses pada 19 November 2016.

Long, By Daniel, and Dr. David Carlson. 2011. “Mind the Map: How Thinking Maps Affect Student Achievement.” An Online Journal for Teacher Research 13 (2):1–7.

Ornek, F., Robinson, W. R., & Haugan, M. P. 2008. What Makes Physics Difficult?. International Journal of Environmental & Science Education, (Online), 3 (3): (2008) 30-34, (https://eric.ed.gov), diakses pada 19 November 2016.

Halim, L., Yong., T., K., & Meerah., T., S., M. 2014. Overcoming Students’ Misconceptions on Forces in Equilibrium: An Action Research Study. Journal Creative Education. Vol. 5 No. 1032-1042.

Alias, S. N., & Ibrahim, F. 2015. Problem Solving Strategy in Balanced Forces. International Journal of Business and Social Science. Vol. 6, No. 8(1).

Devi, P. K. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA Untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA.

Sudrajat, A. 2011. Pembelajaran inkuiri. Online. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/), diakses tanggal 9 Januari 2017.

Wenning, C. J. 2005. Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. Journal of Physics Teacher Education Online. (Online), diakses pada 19 Oktober 2016.

Holland, B., Holland, L. & Davies, J. 2004. An Investigation into the Concept of Mind mapping and The Use of Mind mapping Software to Support and Improve Student Academic Performance. Learning and teaching projects, (Online), 89-94, (http://Wlv.openrespository.com), diakses pada 19 November 2016.

Imaduddin, W. & Unggul, H. N. U. 2012. Efektivitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 9(1): (2012) 62-75, (Online), (http://journal.uad.ac.id), diakses pada 5 April 2017.

Bancong, H. 2013. Profil Penalaran Logis Berdasakan Gaya Berpikir dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal pendidikan IPA Indonesia, 2(2): (2013) 195-20, (Online), (http://journal.unnes.ac.id/), diakses pada 5 April 2017.

Mulyanah, Hanurawati, N., & Coesamin, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(14): (2013). (Online), (jurnal.fkip.unlia.ac.id), diakses pada 5 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publikasi Oleh:

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Gedung B22, Lowokwaru, Malang, 65145

Website: www.fisika.fmipa.um.ac.id
Email: fisika.fmipa@um.ac.id