Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi

Karras Bastomi, Winarto Winarto, Endang Purwaningsih

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media interaktif untuk membantu siswa memodelkan konsep pada materi usaha dan energi serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan model menurut Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sukamdinata. Data pada penelitian ini didapatkan dari instrumen validasi materi dan media/keterbacaan oleh ahli, serta angket uji coba terbatas pada siswa. Hasil dari uji kelayakan dan uji terbatas yang telah dilakukan menyatakan bahwa produk pengembangan pada penelitian ini memperoleh nilai rata-rata 81,5% untuk validasi materi, 87,3% untuk validasi media/keterbacaan, dan uji terbatas pada siswa sebesar 76,6%. Nilai rata-rata keseluruhan hasil uji kelayakan dan uji terbatas adalah 81,8% dengan kategori “valid”. Penelitian selanjutnya dapat mengaplikasikan media dan mengukur efektifitas dari media yang telah dikembangkan.

Kata Kunci: Media interaktif, miskonsepsi, usaha dan energi.

Full Text:

PDF

References


Singh, C., & Schunn, C. D. (2009). Connecting three pivotal concepts in K-12 science state standards and maps of comceptual growth to reserach in physics education. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(2), 16-42.

Nugraha, H. A. 2014. Analisis Miskonsepsi Topik Usaha dan Energi Siswa Kelas Xi Setelah Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Simulasi Komputer. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Khasanah, N. 2010. Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Remidiasi Miskonsepsi Pembelajaran Usaha dan Energi. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Dalaklioglu, S., Demirci, N., & Sekercioglu, A. G. (2015). Eleventh grade students Difficultis and misconceptions about Energy and Momentum concepts. International Journal on New Trends in Educations and Their Implications (6)1, 13-21.

AAS Project 2061. 2016 AAAS Project 2061 Science Assessment Website. USA: American Association fot the Advancement of Science.

Margunayasa, I. G. & Riastini, P. N. 2014. Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 348-358.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Masita, S., Syamsu, S., & Darmadi, I. W. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Perubahan Konsep Fisika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Marowala pada Konsep Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Tadulako, 3(1), 32-37.

Wahyudin, S., & Isa, A. 2009. Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 58-62.

Seregar, A., Sunarno, W., & Cari. 2013. Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Intraktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2), 100-113.

Boudjadar, T. 2015. ICT in the Writing Classroom: The Pros and the Cons. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 4(1), 8-13.

Akingbade, J. S. 2013. Students' Perception of the Availability and Utilization of Information and Communication Technology (ICT) in the Teaching and Learning of Science Subjects in Secondary Schools in Ekiti State, Nigeria. International Journal of Education & Literacy Studies, 1(1), 94.

Aththibby, A.R. dan Salim, M.B. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(2), 25-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publikasi Oleh:

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Gedung B22, Lowokwaru, Malang, 65145

Website: www.fisika.fmipa.um.ac.id
Email: fisika.fmipa@um.ac.id