Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Bola Baja Berongga pada Pokok Bahasan Hukum Archimedes

Widya Rohmawati, Edi Supriana

Abstract


Media yang umumnya digunakan dalam praktikum hukum Archimedes yaitu menggunakan benda pejal, tetapi media tersebut kurang praktis jika digunakan untuk menjelaskan bahwa besar gaya apung suatu benda adalah sebanding dengan besar volume benda yang tercelup. Inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu menggunakan bola baja berongga. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media pembelajaran yang lebih praktis untuk praktikum hukum Archimedes. Metode penelitian yang dilakukan yaitu uji coba dalam laboratorium melalui eksperimen hukum Archimedes menggunakan benda uji berupa bola baja berongga. Benda uji tersebut divariasi massa jenisnya tetapi volumenya dijaga tetap, yaitu dengan menambahkan bola-bola baja kecil ke dalamnya. Eksperimen dilakukan dengan menghitung berat benda uji di udara dan di dalam air untuk menentukan besar gaya apung. Kemudian, dilakukan tahap analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil uji coba laboratorium, meskipun massa jenis benda uji berbeda-beda tetapi besar gaya apung pada tiap benda uji adalah sama yaitu sebesar volume fluida yang dipindahkan. Sehingga, media ini lebih praktis digunakan untuk pembelajaran fisika pada materi hukum Archimedes.

Kata Kunci: Bola baja berongga, hukum Archimedes, media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Dlamini, B., et al. 1996. Liked and Disliked Learning Activities: Respon of Swaᴢi Student to Science Material With a Technological Approach. Journal Research in Science & Technological Education. Vol. 14. No. 2.

Qvortrup, Ane., Merete Wiberg. 2016. On the Definition of Learning. Denmark: University Press of Southern Denmark.

Brookes, D. T. 2006. The Role of Language in Learning Physics. Dissertation submitted to The State University of New Jersey.

Pratiwi, Arida. 2013. Pembelajaran dengan Praktikum Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Supardi, U.S., Leonard, Huri S., dan Rismurdiyati. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif. Vol 2 (1): 71-81.

Mohazzabi, Pirooz. 2017. Archimedes’ Principle Revisited. Journal of Applied Mathematics and Physics, 2017, 5, 836-843.

Serway, R. A. Jewett J.W. 2014.“Fisika untuk Sains dan Teknik”. Buku 1, Edisi 6. Jakarta: Salemba Teknika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publikasi Oleh:

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Gedung B22, Lowokwaru, Malang, 65145

Website: www.fisika.fmipa.um.ac.id
Email: fisika.fmipa@um.ac.id