Pengembangan Tes Habits of Mind Siswa SMA pada Materi Rangkaian Arus Listrik Searah

Rahmadhani Mulvia, Taufik Ramlan Ramalis, Unang Purwana

Abstract


Habits of mind adalah hasil belajar jangka panjang yang memiliki peranan penting dalam memecahkan masalah bahkan kesuksesan seseorang.Hasil belajar tersebut belum banyak mendapatkan penilaian, dikarenakan instrumen yang belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan instrumen habits of mind berupa tes berbentuk uraian dengan menggunakan metode R&D yang melibatkan tiga dosen ahli/pakar. Kesepakatan dosen ahli/pakar dalam melakukan validasi isi dianalisis menggunakan Aiken V sehingga diperoleh instrumen yang valid berkategori tinggi dan layak diuji coba. Instrumen diuji coba kepada siswa SMA dan dikarakteristik menggunakan teori respon butir dengan model politomi. Instrumen tes dianalisis menggunakan partial credit model, menghasilkan tes yang memiliki daya beda, tingkat kesukaran dan estimasi reliabilitas dengan kategori baik. Artinya, tes tersebut dapat membedakan dan memiliki konsistensi dalam mengukur habits of mind yang dimiliki siswa.

Kata Kunci: habits of mind; partial credit model.


Full Text:

PDF

References


Campbell, J. 2006. Theorising Habits of Mind as a Framework for Learning. Central Queensland University.

Costa, A. L. (1991). Teaching and Assessing Habits of Mind. National Institute of Education Library, Singapore.

Haka, N. B. (2013). Penerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Habits of Mind dan Penguasaan Konsep Biolog Siswa Kelas XI. Tesis, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Irsyad, M. & Sri, S. (2015). Pengembangan Asesmen Autentik Pada Materi Interaksi Mahkluk Hidup dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Negeri Semarang.

Marzano, R. J et. al . (1993). Assessing Student Outcomes : Performance Assessment Using the Dimentions of Learning Model. Mid-Continent Regional Educational Lab., Aurora, CO.

Matsuura, R. et. al. (2013). Mathematical Habits of Mind For Teaching Using Language in Algebra Classrooms, 10 (3) hlm. 735-776.

Naga, D. S. (1992). Pengantar Teori Sekor Pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Penerbit Guna Darma.

New Jersey Assessment of Skills and Knowledge Science Grade 4. (2006). Assessment Samples. New Jersey Departement of Education.

Nurcahyanto, E. (2016). Pengembangan Penilaian Kinerja pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA Materi Elastisitas. Tesis Magister pada Program Pascasarjana: Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari http://eprints.uny.ac.id/40997/1/tesis-emanuel-nurcahyanto-14726251028.swf

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Retnawati, H. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya. Yogyakarta: PT. Parama Publishing.

Rustaman, N. Y. dkk. (2008). Kontribusi Asesmen Fornamtif Terhadap Habits of Mind Mahasiswa Biologi. Sekolah Pasca Sarjana Universitas, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rustaman, N. (2008). Habits of Mind in Learning Science and Its Assessment. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thompson, M. (1999). An Evaluation of the Implementation of The Dimensions of Learning Program in an Australian Independent Boys School. International Education Journal 1(1) hlm. 45-60.

Toi, H. Y.P. (2012). Assessing Habits of Mind using THOMAS. Singapura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publikasi Oleh:

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Gedung B22, Lowokwaru, Malang, 65145

Website: www.fisika.fmipa.um.ac.id
Email: fisika.fmipa@um.ac.id