UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MEDAN

Herli Esteria Br Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tolak Peluru melalui pendekatan bermain pada siswa/i kelas VII SMP Negeri 2 Medan tahun ajaran 2017/2018Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 yang berjumlah 37 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Medan, dari 36 siswa hanya ada 16 siswa (44%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 53,47. Hasil dari siklus I siswa terdapat 20 siswa (55%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata- rata hasil belajar siswa 70.31. Disiklus II terdapat 32 siswa (88,8%) dari 37 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 79,51. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar Tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

References


A.Carr Gerry 2003. Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Agung,Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pelajaran Bagi Guru: Jakarta : Penerbit Bestari Nuana Murni.

Amri Sofan 2013. Pengembangan Dan Modal Pembelajaran Dalam Kurikulum. Bandung : Yrama Widya

Asra, & Sumiati. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Arikuntu Suharsimi, Dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas , Jakarta: Bumi Aksara

Bigge,Morris L.,1982. Learning Teories For Teaching. New York : Harper & Row Publisher.

Barton,J.,& Collins A.(Ed). 1977. Portfolio Assesment: A Handbook For Educators. Menlo Park,Ca:Addison-Wesley Publishing

Bahri Syaiful Djamah. 2013. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Yogyakarta: Gava Media

Djumar Mochamad A.Widya. 2014. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain, Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset

Jarver Jess. 2016.Belajar Dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya

Komarudin. 2016. Penilaian Hasil Belajar Dan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Bandung: Remaja Rosdakarya

Materi Kurikulum 2013 Dari Diklat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.

Nasution S. Kurikulum Dan Pengajaran., (1989),Bandung : Bina Aksara,

Permendikbud No.69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasyah Aliah

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar,Yogyakarta: Pustaka Belajar Rasyid,

Harun., Mansyur.2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana

Rosdiani Dini, 2014. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Pionir Jaya

Sanjaya, Wina .,Vb. 2007. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Syarifuddin Aip,. 1985. Dasar Dasar Atletik Dan Peraturan Perlombaan, Jakrata: B A T U

Slameto,. (1985). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Solo.tiga serangakai.

Sunarno Agung, & D.Sihombing R.Syaifullah. 2011. Metode Penelitian Olahragaan, Surakarta: Yuma pressindo

Wilis Ratna Danar. 2002. Teori Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Glora Aksara Pratama

Zafar Dikdik sidik,. 2013. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.