PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP SIKAP KERJASAMA DAN AKTIVITAS SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arya, I. G. N. M. P. (2013). Implementasi Kooperatif Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 1(2).
Bell, T., Urhahne, D., Schanze, S., & Ploetzner, R. 2010. Collaborative inquiry learning: Models, tools, and challenges. International journal of science education, 32(3), 349-377.
Bodsworth, H., & Goodyear, V. A. 2017. Barriers and facilitators to using digital technologies in the Cooperative Learning model in physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 22(6), 563-579.
Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani.
Casey, A., & Goodyear, V. A. 2015. Can cooperative learning achieve the four learning outcomes of physical education? A review of literature. Quest, 67(1), 56-72.
Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124-133.
Ishak, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Assisted Individualization) terhadap Sikap Kerjasama dan Sikap Bertanggung Jawab Siswa. Jurnal Olahraga, 1(1), 41-56.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2011. Cooperative learning. The encyclopedia of peace psychology.
Kariyana, I. K. (2013). Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(5).
Karya, T. R. T., Kanca, I. N., & Satyawan, I. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 4(2).
Kirk, D. 2013. Educational value and models-based practice in physical education. Educational Philosophy and Theory, 45(9), 973-986.
Luvian, L., & Juliantine, T. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Sepakbola dan Kerjasama Siswa di SMPN 2 Lembang. Jurnal Olahraga, 3(1), 23-31.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. 2020. Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Nugroho, D. R. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (Tgt) terhadap motivasi siswa mengikuti pembelajaran bolavoli di kelas X sman 1 panggul kabupaten trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1).
Pratama, S. E., & Hadiana, O. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Sepakbola. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(2), 94-99.
Priyono, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kerjasama Tim Pada Permainan Sepak Takraw. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 3(1).
Stiadi, D., Ma'mun, A., & Juliantine, T. 2020. The Effect of Cooperative Learning Intentionally Structuring Model on Self-Disclosure and Self-Awareness in Physical Education Learning at School. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(1), 22-28.
Triana, W. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 55/I Sridadi. Jurnal Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Tema Sehat Itu Penting Kelas V Sd Negeri 55/I Sridadi.
Triansyah, A., Atmaja, N. M. K., Abdurrochim, M., & Bafadal, M. F. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145-155.
Utama, A. B. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).
Wahyudi, W., Budiman, D., & Saepudin, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 1-9.
Yulianingsih, I. G. P. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 204-215.
Refbacks
- There are currently no refbacks.