PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

Muhammad Anwar Firdaus

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran dengan model Blended Learning dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Penyusunan artikel menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan yang bersumber pada literatur yang relevan dari suatu bahasan dari berbagai sumber belajar yang ada, dengan mengumpulkan beberapa literatur serta menyajikan hasil dan bahasan, serta menyimpulkan hasil dari bahasan tersebut. Terdapat perkembangan gerak yang signifikan dan positif oleh peserta didik dibandingkan  pada pembelajaran tatap muka tradisioanal yang telah dilakukan. Dengan adanya model pembelajaran campuran atau Blended Learning menawarkan berbagai sumber belajar, seorang pendidik mampu mengembangkan bahan dan sumber  belajar serta dapat mengolaborasikan antara pembelajaran tatap muka melalui tayangan materi berupa vidio, dengan ini dapat meningkatkan kompetensi seorang pendidik yang lebih inovatif dan kolaboratif. Untuk peserta didik melalui pembelajaran campuran terdapat tambahan daya tarik dan motivasi tersendiri untuk mengikuti model pembelajaran campuran, serta peserta didik dapat mengembangkan aspek gerak melalui belajar dari berbagai sumber belajar dan mempraktikan apa yang sudah dipelajari serta dapat meningkatkan pengetahuan melalui informasi dari berbagai sumber belajar tersebut.

Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. In 5th International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ACPES 19). Atlantis Press.

Aida, A. A. (2019). Students’satisfaction with Blended Learning Programmes in The Faculty of Physical Education. Science for Education Today, 9(5).

Al Qudah, A. H., Abd Rashid, S., Iffah, D., & Al Ani, N. A. (2018). Comparison Study Blended Learning and Conventional Learning in Improving Students'cognitive in The Fitness Element. Journal of Entrepreneurship Education, 21(4), 1-6.

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2012). The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. John Wiley & Sons. San Francisco: Pfeiffer

Chen, Q. (2012). Research for Influence of Physical Education Multimedia Teaching on Sports Motivation of Students. Advances in Information Sciences and Service Sciences, 4(16).

Chen, Q., & Li, Q. (2016). The Blended Learning of Physical Education and Computer Class in Physical Colleges. In International Conference on Education, Management and Computing Technology (ICEMCT-16) (pp. 277-280). Atlantis Press.

Daum, D. N., & Buschner, C. (2014). Research on teaching blended and online physical education. Handbook of research on K-12 online and blended learning, 201-222.

Dwiyogo, W. D. (2014). Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. In ASEAN Comparative Education Research Conference (ACER-N), Institut KWSP Kajang: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. In International Seminar on Public Health and Education 2018 (ISPHE 2018). Atlantis Press.

George, K., & Spyros, P. (2016). Blended Learning in K-12 Education: A Case Study for Teaching Athletics in Physical Education. In The 1st International Association for Blended Learning Conference: Blended Learning for the 21st Century Learner (pp. 36-43).

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended learning, trend strategi pembelajaran masa depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49-56.

Kavita, V., Sharma, J, P., & Tiwari, R, K. (2012). Use of Information Technology In Physical Education And Sport. International Journal in Multidisciplinary and Academic Research (SSIJMAR) Vol. 2, No. 4, (ISSN 2278 – 5973)

Keogh, J. W., Gowthorp, L., & McLean, M. (2017). Perceptions of Sport Science Students on the Potential Applications and Limitations of Blended Learning in Their Education: A Qualitative Study. Sports biomechanics, 16(3), 297-312.

Mylsidayu, A., Tangkudung, J., Hanif, S., Bujang., Abidin, D. (2019). Children Circuit Model for Kids Physical Activity Based Blended Learning. International Journal of Engering and Advenced Technology (IJEAT), 8(5) 1473-1479

Prasetyo, I. (2017). Inovasi Pembelajaran Penjaskes yang Berbasis pada Blended Learning pada Abad 21. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaaran Langsung dalam Pendidikan dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.

Shi, S., & Zainuddin, Z. A. B. (2020). a Review of The Research on Blended Learning In Physical Education in China and International. Journal of Critical Reviews, 7(11), 672-686.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sumintono, B. dkk, (2012). Pengunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei pada GuruGuru Sains di Indonesia. Universitas Teknologi Malysia.

Testa, A. (2011). Experiences of Online Learning: An Evaluation of First-Year Sport Sciences University Students' Attitudes Towards the Use of U-Link. International Education Studies, 4(4), 13-21.

Vernadakis, N., Giannousi, M., Tsitskari, E., Antoniou, P., & Kioumourtzoglou, E. (2012). A Comparison of Student Satisfaction Between Traditional and Blended Technology Course Offerings in Physical Education. Turkish Online Journal of Distance Education, 13(1), 137-147.

Vohle, F. (2017). Social Video Learning with a Blended Learning Framework in German Soccer Trainer Education. International Journal of Advanced Corporate Learning (iJAC), 10(1), 15-21.

Vohle, F., & Reinmann, G. (2014). Social Video Learning and Social Change in German Sports Trainer Education. International Journal of Excellence in Education, 184(1793), 1-11.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.

Yaman, Ç. (2008). The Abilities of Physical Education Teachers in Educational Technologies and Multimedia. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 7(2), 20-31.

Yildiz, T., & Ocak, M. (2016). Effects of Blended Learning Environment on Professional Competence and Motivation Levels of Coach Candidates. Journal of Learning and Teaching in Digital Age, 1(1), 3-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.