Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang
Abstract
The purpose of this study was to determine the consumption behavior of students in using their pocket money. Data were collected by means of observation and interviews with 7 informants, and analyzed by qualitative descriptive techniques. The results showed that the consumption behavior of class X IPS students of SMA Negeri 1 Gondanglegi, Malang Regency varied, such as buying food, snacks, drinks, while there were other consumptions, namely make up, buying internet quota, credit, gasoline, hanging out, clothes, pants, bags, shoes, accessories and buy school supplies. From the consumption behavior of students in using their pocket money as in students in general, differences in nature and character make consumption activities diverse. The consumption behavior of students shows that consumption is not always based on their needs but based on their desires. Students have not been able to consume based on their rational level because students often override primary needs in order to meet secondary needs.
Keywords: Consumption Behavior, Pocket Money, Rational Behavior.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Ika Wijayanti. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Berekonomi Rasional Pada Siswa. (Online). (http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/747)
Haryanti, Fitri Dwi. 2016. Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 1. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang
Karim, Adiwarman A. 2010. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persadana.
Kasih, Nurida Yanuar. 2016. Pola Perilaku Konsumsi Hijau Pada Siswa SMA. (Online). (http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/786)
Lisma, Niati. 2016. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). (Onlline). (http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7181)
Lutfiah, Ulfa. 2015. Pengaruh Jumlah Uang Saku dan Kontrol Diri Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang. (Online). (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1637/920)
Mankiw, N. Gregory. 2007. Makroekonomi. Jakarta: Penerbit Airlangga.
Murniatiningsih, Endah. 2017. Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMP Negeri di Surabaya Barat. (Online). (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/839)
Mutmainah, Siti. 2015. Pengaruh Modernitas Individu dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi siswa di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang
Prawirohardjo, Sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
Puspitasari, Widya. 2018. Analisis Perilaku Konsumsi Siswa ditinjau dari Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga dan Pengelolaan Uang Saku (Studi
Fenomenologi pada siswa jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari). Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santrock, J. W. 2007. Adolescence (Eleventh Edition). New York: McGraw-Hill.
Sari, Dita Winda. 2018. Analisis Perilaku Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Menggunakan Media Sosial Instagram. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Selang, Rustam AR. 2015. Pengaruh Gaya Hidup, Intensitas Belajar, dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Konsumsi Siswa. (Online). (http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4857/2303)
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sulastri, Melly Sri. 1987. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: PT Bina Aksara.
Sumar’in. 2013. Ekonomi Islam: Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Prespektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta: Buku Seru.
Suprapti, W. 2010. Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana Universitas Press
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wirawan, Yahya Reka. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Siswa. (Online). (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/751)
Yuniarti, Vinna Sri. 2016. Ekonomi Mikro Syari’ah. Bandung: CV Pustaka Setia
Refbacks
- There are currently no refbacks.