Perilaku Konsumsi melalui Belanja Online dan Konvensional Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Malang
Abstract
The purpose of this study is to determine the decision making to buy goods and services, the advantages and disadvantages of online and conventional shopping. Data were collected by means of observation and interviews with 8 informants, and analyzed using qualitative descriptive techniques. Research results from decision making with consideration of price, goods, quality, time. The advantages of online shopping are low prices, effective, a variety of goods. The drawback is that the item does not match and is waiting for delivery. The advantage of conventional shopping is to see the goods directly, the goods can be used immediately. Disadvantage is time consuming.
Keywords: Fintech, Startup, Crowdfunding
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, D.A.S. 2015. Analisis Perbandingan Loyalitas Konsumen Pada Online Shop Dan Toko Konvensional (Brick And Mortar Store), (Online), (http://silemlit.unila.ac.id/upload/403.pdf), diakses 16 Oktober 2019.
Anwar, R. & Adidarma, W. 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2): 1-14. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i2.3995.
APJII. 2019. Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. (Online),
(file:///C:/Users/user/Downloads/ZAR4h8OYBTb9wPl35CJrE1InLFfoMG%20(1).pdf), diakses 16 Oktober 2019.
Aprillia. 2017. Skripsi “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online Pada Mahasiswa Yogyakarta”. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Arrisa, E.P. 2019. Skripsi “Makna Belanja Online Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2016. Malang: Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Malang.
CNN Indonesia. 2019. Netizen Indonesia Paling Gemar Belanja Online. (Online), (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190201173813-185-365769/netizen-indonesia-paling-gemar-belanja-online), diakses 16 Oktober 2019.
Ermawati, E. & Indriyati. 2011. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMP N 1 Piyungan. Jurnal Fakultas Psikolog 2(1): 60-66. Dari
https://docplayer.info/36817559-Hubungan-antara-konsep-diri-dengan-perilaku-konsumtif-pada-remaja-di-smp-n-1-piyungan.html
Hendrayana, I.W. & Santika, I.W. 2015. Pengaruh Kualitas Laman, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Niat Membeli Secara Online Pada Situs Belanja Online Zalora Di Denpasar. Jurnal Manajemen 4(20), 320-335. Dari
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10189/8333.
Hermawan, H. 2017. Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 16(2), 136-147. Dari
http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/6/10.
Kartikasari, dkk., 2013. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/203 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis 3(2): 1-8. Dari
https://media.neliti.com/media/publications/74110-ID-pengaruh-perilaku-konsumen-terhadap-kepu.pdf.
Lisma, N. & Haryono, A. 2016. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). Jurnal Pendidikan Ekonomi 08 (01): 2502-7115. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jesp/article/view/5266/1939.
Miranda, S. 2017. Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(1), 1-15. Dari
https://media.neliti.com/media/publications/118440-ID-none.pdf.
Mutia, A. & Syafitri, L. 2019. Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan, Harga Jual Dan Kualitas Produk Belanja Online Dan Belanja Secara Langsung (Offline) Pada Mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 1-15. Dari
https://febi.uinjambi.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/pdf-buk-agustina.pdf.
Nurhaliza, S. 2019. Studi Tentang Perubahan Preferensi Konsumen Dalam Belanja Offline Ke Online Di Kota Semarang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Dari
http://eprints.undip.ac.id/73197/
Oktaviani, L. 2016. Fenomena Perilaku Belanja Online Sebagai Alternatif Pilihan Konsumsi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Sosiologi, 4(3), 1-6. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16250/14759.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Pasar Desa. Bulelengkab (online),
(https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/65/bankdata/permendagri-no-42-th-2007-tentang-pengelolaan-pasar-desa-12.pdf), diakses 20 Oktober 2019.
Ramadani, L. 2016. Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan 08(01): 2502-7115. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jesp/article/view/5266/1939.
Sahabuddin, S. 2014. Transaksi Konvensional Dengan Transaksi E-Commerce (Pendekatan Komparatif). Jurnal Ilmu Hukum, 20(2), 1-19. Dari http://jih.unbari.ac.id/index.php/LEX_SPECIALIST/article/view/36
Sangadji, E.M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Saputri, M.E. 2016. Perilaku Pembelian Online Produk Fashion Zalora Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi 15(2): 291-297. DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2016.15.02.11
Sari, C.A. 2015. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antropologi 04(02): 205-216. Dari http://journal.unair.ac.id/filerPDF/auna97cbdaabbfull.pdf.
Setiadi, N.J. 2013. Edisi Revisi Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Setyaningsih, N.A. 2016. Skripsi. Analisis Perubahan Perilaku Konsumen Terhadap Motif Belanja Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengguna Belanja Online Kota Jakarta Timur). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Binsis, Universitas Diponegoro.
Simanjutak, M. & Yuliati, L. 2019. Buku Saku Belanja Online? Siapa Takut! Cara Bijak & Cerdas Berbelanja Online. Bogor: Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB.
Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tanujaya, R. 2012. Analisis Perilaku Belanja Pada Mahasiswa UNDIP Di Kawasan Tembalang, Kota Semarang. Skripsi, Semarang: FE UNDIP.
Visi Neliti Seksama. 2019. Sumber Penjual Dan Pembeli Pasar Tanah Abang. Jakarta Selatan.
Wardana, L.W. 2011. Perilaku Konsumen. Universitas Negeri Gorontalo Press.
Widiyanto, I. & Prasilowati, S. 2015. Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro 17(2): 109-112. DOI: https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109-122.
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). 2015. Bedah Pengaduan Konsumen. (Online),
(http://ylki.or.id/2016/01/bedah-pengaduan-konsumen-2015/), diakses 20 Februari 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.