Pengelolaan Bisnis Online Shop dan Pemasaran Produk Hijau Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang Angkatan 2016

Wildatus Sholihah

Abstract


The purpose of this study is to determine the management of the online shop business, the development of various conditions, the marketing of green products. Data were collected by observation and interviews with 8 informants, analyzed by qualitative descriptive techniques. The results of the online shop business management research are: (1) by making a monitoring plan, (2) without a supervisory plan. Then the business development includes: (1) promotion, (2) giving discounts, (3) taking a little profit, (4) stepping on temporary funds. Green product marketing is: (1) relatively high insight, (2) low implementation.

 

Keywords: online shop business management, green product marketing, students

Full Text:

PDF

References


Alam, Rudianto. 2016. Edisi Revisi Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta : Penerbit

Erlangga.

Cahyono Eko W. 2006. Pengaruh Pemanasan Global Terhadap Lingkungan Bumi, (Online),

dalam mendeley

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.lapan

go.id/index.php/berita_dirgantara/article/download/732/649&ved=2ahUKEwj

_MzFrZTnAhXaSH0KHY5CAvcQFjAEegQIBRAB&usg=AOvVaw3eoGzMAH

fFRDa_uZ9-GEk), diakses 21 januari 2020.

George R. Terry. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hifzhan F, dkk. 2015. Upaya Pengembangan E-business Dalam Pemasaran Produk Secara

Internasional (Studi pada Akademi Bisnis OnlineIndonesia Surabaya). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB), 23 (1), (Online). (https://media.neliti.com/media/publications/85986-ID-upaya-pengembangan-e-business-dalam-pema.pdf), diakses 25 Desember 2019.

Jamaludin, dkk. 2015. Pengaruh Promosi Online dam Persepsi Harga Terhadap Keputusan

Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21 (1) April 2015, (Online), dalam

Mendeley

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.neliti

com/id/publications/85820/pengaruh-promosi-online-dan-persepsi-harga

terhadap-keputusan-pembelian-survei-p&ved=2ahUKEwiV

Ym0h57nAhWDc30KHYpRBxgQFjAFegQIBBAB&usg=AOvVaw39GLUUMy

GE7B8cjnz7Oq), diakses 18 Desember 2019.

Jasfar Farida. 2012. Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta Selatan: Salemba empat.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P dan G Armstrong. 1998. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2 (Edisi Bahasa Indonesia

dari principles of marketing). Jakarta: Penerbit PT Prenhalindo.

Mamahit L. 2015. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air

Minum Dalam Kemasan Ades Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riadi Surakarta.

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 15 (3), (Online).

(https://media.neliti.com/media/publications/23484-ID-pengaruh-green

marketing-terhadap-keputusan-pembelian-produk-air-minum-dalam-kem.pdf),

diakses 20 November 2019.

Melati R. 2017. Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi

bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta. Indonesian Journal of Community Engagement, 02 (02) Maret 2017,

(Online).

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.ugm

ac.id/jpkm/article/download/27278/16767&ved=2ahUKEwi614TKo6DnAhU

XSsKHW-2BHAQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw3Spm9009elOIJkGlgidnKl),

diakses 22 November 2019.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nafarin, M. 2004. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nugraha P. 2017. Start Up Digital Bussines Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda.

Jurnal NUSAMBA, 2 (1), (Online).

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.researchgate.net/publication/323099321_START_UP_DIGITAL_BUSINESS_SEBAGAI_SOLUSI_PENGGERAK_WIRAUSAHA_MUDA&ved=2ahUKEwjK2LSMjJ7nAhVEeX0KHU02C9YQFjABegQIARAB&usg=AOvVaw0PbU8rYdoSPlXJdYHKzk30), diakses 21 November 2019.

Rahayu Fitriana. 2012. PENGGUNAAN MEDIA ONLINE UNTUK BISNIS OLEH

PEREMPUAN (Studi Deskriptif Pengelolaan Informasi untuk Bisnis Dengan Media

Online oleh Perempuan pada Komunitas WOSCA), (Online), dalam mendeley (https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Jurnal-FITRIANA%2520RAHAYU.pdf&ved=2ahUKEwiS1sq5iJ7nAhVWb30KHfiMCZAQFjABegQIBhAB&usg=AOvVaw0xPdmkiRLmH8sjc0IqOM8O), diakses 20 Desember 2019.

Riska inggar wardani. 2019. Analisis Perilaku Produsen Terhadap Produksi Krupuk Pak

Sutrisno. Kompasiana. (Online)

(https://www.kompasiana.com/inggawardani/5ce415456b07c55adb173aa6/analisis-prilaku-produsen-terhadap-produksi-krupuk-pak-sutrisno), diakses 11 Oktober 2019.

Sahat P. 2017. Analisis Sistem Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank

Mandiri Cabang Krakatau Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3 (2),

(Online),(https://media.neliti.com/media/publications/197042-ID-analisis-sistem

pengawasan-terhadap-kine.pdf), diakses 17 November 2019.

Septifani, Riska, dkk. 2014. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli

Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 33 (2), (Online),

(https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/jbm), diakses 4 Maret 2020.

Siagian, P. Sondang. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitepu, Sri Nathasa Br. 2017. Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keberhasilan Start-Up

Bisnis di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan No. 1, (Online),

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://e

journal.unair.ac.id/JMTT/article/download/5136/3290&ved=2ahUKEwiJuLjW

N3nAhUGzDgGHW9oCngQFjAJegQIBhAB&usg=AOvVaw2nBfuL9DRcw9X

GB3AmpBW), diakses 19 Februari 2020.

Situmeang Romauli Rosinta. 2018. Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan Terhadap

Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurshi, (Online),

dalam mendeley. (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwizoqzugL7kAhVKpI8KHZWCC8gQFjACegQIAxAC&url=https%3A%2F%2Fjournal.uii.ac.id%2Fajie%2Farticle%2Fdownload%2F11620%2F8724&usg=AOvVaw1Ba6m8X_n0nCZ06tTO_KoZ), diakses 20 Desember 2019.

Suprajitno Dwi. 2015. Analisis Perhitungan Titik Impas (Break Event Point) Dengan Metode

Margin Kontribusi Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Perusahaan Roti “Bayu Sari”

Petanahan. Jurnal Fokus Bisnis, 14 No

(01),(Online),(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http:

/journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/fokbis/article/download/177/148/&ve

=2ahUKEwiB2rmbnt3nAhVrxDgGHaoUD3AQFjAAegQIARAB&usg=AovVa

DTbEi6EDyvP4N_vsrAWTE), diakses 19 Februari 2020.

Sutarno. 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tharob F. Gabriel, dkk. 2017. Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unstrat. E

journal “Acta Diurna”, VI (2), (Online),

(https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.nelit

.com/media/publications/93581-ID-analisis-hambatan-bisnis-online-bagi

mah.pdf&ved=2ahUKEwjFnaSMip7nAhVPfH0KHUjJCK4QFjABegQIBxAH&

sg=AOvVaw3EYU3WlTsE_Ni0JXLucCLP), diakses 27 November 2019.

Winarsih, Baedhowi,Bandi. 2014. Pengaruk Tenaga Kerja, Teknolgi, dan Modal Dalam

Meningkatkan Produksi di Industri Pengolahan Garam Kabupaten Pati. Jurnal

Pendidikan Insan Mandiri, 3 (2), (Online).,

(https://media.neliti.com/media/publications/13879-ID-pengaruh-tenaga-kerja

teknologi-dan-modal-dalam-meningkatkan-produksi-di-industr.pdf), diakses 20

November 2019.

Zimmerer & Scarborough. 2009. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta:

Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.