Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Kemenarikan Promosi, dan Uang Saku yang Memengaruhi Impulse Buying dalam Penjualan Online pada Siswa Ipa Sman 4 Malang

Renita Kurniati

Abstract


The objectives of this study are (1) to find out whether price perception affects impulse buying in online sales for social studies students at SMAN 4 Malang, (2) to find out whether product quality perceptions affect impulse buying in online sales for social studies students at SMAN 4 Malang, (3) To find out whether the attractiveness of promotions has an effect on impulse buying in online sales for Social Science students at SMAN 4 Malang, (4) To find out whether pocket money has an effect on impulse buying in online sales for Social Studies students at SMAN 4 Malang, (5) For determine whether the impulse buying of social studies students at SMAN 4 Malang is influenced by price perceptions, product quality perceptions, attractiveness of promotions and pocket money in online sales. This study uses a quantitative approach with a descriptive type of research. The results of the partial analysis show that price perceptions, product quality perceptions, and attractiveness of promotions have a positive and significant effect on impulse buying for social studies students at SMAN 4 Malang in online sales, except for pocket money which does not have a significant effect on impulse buying for social studies students at SMAN. 4 Poor in online sales. The results of simultaneous data analysis state that price perceptions, product quality perceptions, attractiveness of promotions, and pocket money have a simultaneous influence on impulse buying in social studies students at SMAN 4 Malang in online sales.

 

Keywords: Perception of Price, Perception of Product Quality, Attractiveness of Promotion, Pocket Money, Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


Uswatun Hasanah, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Penjualan online (studi kasus pada mahasiswa S1 UIN Walisongo Semarang), skripsi program S1 Ilmu Syariah UIN Walisongo Semarang, 2015

Novita Sari, “Pengaruh Social Media Marketing Melalui Media Sosial Instagram dan Harga terhadap Minat Beli pada Online Shop Ghealsy Malang (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)”, skripsi program S1 Ekonomi UM, 2018

Cannon, Perreault, & McCarthy, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global (Basic Marketing A Globa-Managerial Approach), Jakarta; Penerbit Salemba Empat, h. 8-14

Darmianti Razak, Analisis Fakto-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying terhadap Produk Oriflame PT Alam Ayu di kota Makasar, skripsi program S1 Universitas Hasanudin Makasar, 2013, h. 11 & 36

Basu Swasta dan Hani Handoko, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta; Liberti, 1997, h. 17-18

Philip Kotler, Marketing Management. A.B. Susanto. “Manajemen Pemasaran di Indonesia”. Jakarta: Salemba Empat. 2000, h. 11

Nembah F. Hartibul Ginting, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Bandung: Yrama Widya, 2011, h. 33

Winardi, Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung: Mandar Maju, 1991

Bilson Simamora, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004, h.15

Nugroho J, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2003, h. 10 & 66

Risnawati, Sri Umi Mintarti W, dan Cipto Wardoyo, Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa, Jurnal, 2018, h. 430-436

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, terj. Hendra Teguh, dkk, Jakarta: Prenhallindo, 2002, h. 493-510

Lina Fadliyah, Faktor-faktor yang Memengaruhi Impulse Buying pada Konsumen Jilbab di Pasar Johar Semarang, skripsi, 2015, h.34-36

J.C Mowen dan M Minor, Perilaku Konsumen, Jakarta: Erlangga, 2002, h. 10

Engel at al, Perilaku Konsumen, Edisi keenam, Jilid 1, Jakarta: Bina Putra Aksara, 2000, h. 202

Cristina Whidya Utami, Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Ritel Modern, Jakarta: Salemba Empat, 2006

Khoirunnasir, Pengaruh Promosi Penjualan dan Respon Emosi terhadap perilaku pembelian Iimpulsif, 2010

Hatane Samuel, Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 8 No. 2, September, h. 101-115

Fandy Tjipto, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Andy, 2008, hal. 213

Septria, R. A. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Harsono, S. 2013. Pengaruh Harga, Nilai Manfaat, Dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Blackberry Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(2), 135-150

Winarso, Y. E. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumensebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Smartphone Oppo (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Purwokerto) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Miranda, Y. C. 2016. Kajian Terhadap FaktorYang Mempengaruhi Impulse BuyingDalam Online Shopping. Competence: Journal of Management Studies, 10(1).

Baskara, I. B. 2018. Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis, 5(2).

Nurlita Purwa, Fitria 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian “Susu Mak Tam Kediri”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).

Semuel, H. 2007. Pengaruh stimulus media iklan, uang saku, usia, dan gender terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif (studi kasus produk pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1).

Yafie, A. S., & Abdillah, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studiapadafpelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(2), 11-19.

Silviana, R. D., Suryoko, S., & Dewi, R. S. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pakuwon Asri Resident Kaliwungu, Kendal. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Wantojo, M., 2018. Pengaruh Daya Saing Produk, Harga, Tempat, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Toko Emas Sumber Djaja. Agora, 6(2).

Rarasanti, D. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Melakukan Impulse Buying pada Pengunjung Mall Panakukang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Parghani, R. 2018. Analisis Efektivitas Iklan Online Dengan Menggunakan Metode Epic Model Terhadap Niat Beli Online Melalui Situs Tokopedia (Doctoral dissertation, Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung).

BAEDOWI, Mohammad Maftuh ZA, and Eisha Lataruva. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga Dan Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Merek Rokok Djarum Super (Studi kasus pada konsumen Rokok Djarum Super Di Kota Semarang). PhD diss., Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.

Hotimah, Siti Hosnul. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek dan Impulse Buying pada Konsumen Oriflame Di Jember. Phd Diss., 2017.

Andreas Yosi Hayu Wahyudi, Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, skripsi program S1 Manajemen, 2017

Fiqriyah R, Wahyono H, dan Inayati R, Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Modernitas, Kecerdasan, Emosional, dan Pemahaman Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IIS MAN 1 Malang, Jurnal Pendidikan Ekonomi , 2016, 9(1)

Noni Purnama Sari, Pengaruh Uang Saku TerhadapPola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, skripsi program S1 Ekonomi, 2019

Eko Wahyu Hidayat, Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Konsumen ACE Hardware Pondok Indah Mall), skripsi program S1 Ekonomi, 2016

Maghfirah Dewi Alfaiz, Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Pands Yogyakarta dalam Perspektif Perilaku Konsumen Islami, skripsi program S1 Ekonomi, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.