Hubungan Gaya Hidup Konsumtif dengan Keputusan Pembelian Perhiasan Emas pada Pelanggan Wanita di Toko Emas Sumenep, Madura

Nabila Afiyah Rahmania

Abstract


This study aims to determine the relationship between the consumerist lifestyle to a decision to purchase gold jewelry on the female customers at gold shop in Sumenep, Madura. In this research using an inductive approach. The research method used is qualitative and the research type is research of phenomenology. Data collection techniques in this research using observation techniques, in-depth interviews and documentation. The results of this study showed that: female customers of Madura, which is located in the City of Sumenep villages Bangselok average buying gold has a factor of the lifestyle of the consumer and influenced by the low to high income. A consumptive lifestyle on female customers tend to purchase gold jewelry for the desire in fashion appearance but also the influence of the culture of the people of Madura are very happy to use the gold jewelry looks exaggerated and use gold jewelry gives the effect of confidence and her image.

 

Keywords: Consumptive Lifestyle, Purchase Decision, Female Customers

Full Text:

PDF

References


Oktari, A. D., Dewi, R. S., & Febriana, S. K. T. (2016). Hubungan antara Gaya

Hidup Konsumtif dengan Keputusan Pembelian Perhiasan Emas pada Pelanggan Toko Emas di Kawasan Banjarmasin-banjarbaru-martapura. Jurnal Ecopsy, 1(4).

As’ad, D. R. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kelompok Acuan

terhadap Keputusan Pembelian Android Samsung diMTC KotaMakassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial,

Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(12).

Aisya, M. (2016). Hubungan gaya hidup dengan kejadian menarche di SMA Negeri

Driyorejo Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Citra, Y. (2019). Perilaku Pembelian Online dan Gaya Hidup Mahasiswa S1

Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang yang Menggunakan Media Sosial. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.

Virawan, W. A. (2013). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap

keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pengguna helm merek INK). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Aisya, M. (2016). Hubungan gaya hidup dengan kejadian menarche di SMA Negeri

Driyorejo Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Haliana, N. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen dalam

pengambilan keputusan Pembelian produk mie instan merek indomie.

Sumarwan, Ujang. (2004), Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua, Ghalia Indonesia,

Bogor.

Tedjakusuma, Ritawati., & Maryani, Sri Hartini. (2001), “Analisis Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral”, Jurnal Penelitian Dinamika Sosial, 2 (3), hal. 48-58.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam

Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri). Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1).

Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit. Andi. Yogyakarta.

Hutagaol, C. D. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan

pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan.

Hasibuan, E. P. N. (2010). Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded Dengan

Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Puteri.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi

keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152.

Suhari, Y. (2008). Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang

mempengaruhinya. Dinamik, 13(2).

Goenadhi, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(2).

Widiastuti, H., & Widowati, S. Y. (2014). Analisis faktor-faktor yang

mempengaruhi keputusan pembelian. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 9(1).

Verina, E. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada

toko fashion di jejaring sosial facebook (survei pada konsumen toko fashion di jejaring sosial facebook yang berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.