Problematika Penggunaan Wawancara dalam Bimbingan dan Konseling Virtual
Abstract
Pendidikan bagi peserta didik memerlukan dukungan melalui berbagai layanan program yang komprehensif. Bimbingan dan konseling sebagai bagian integral dalam sistem pendidikan berupaya untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam aspek pribadi, sosial, belajar dan karir agar terarah dan terdidik sesuai kebutuhan hidup peserta didik. Kebutuhan menjadi dasar pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh konselor kepada peserta didik. Penggunaan wawancara menjadi salah satu bagian proses analisis kebutuhan (need assesment) yang dilakukan oleh konselor dengan tujuan untuk memperoleh informasi dasar mengenai kebutuhan layanan yang diperlukan oleh peserta didik. Pelaksanaan proses bimbingan konseling secara virtual pada enam bulan terakhir akhirnya menimbulkan problematika bagi proses analisis kebutuhan bagi konselor dan peserta didik. Tujuan penulisan ini adalah ingin memberikan informasi mengenai bentuk-bentuk problematika yang terjadi dalam penggunaan wawancara dalam bimbingan dan konseling virtual. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif empiris. Sumber data berupa buku dan artikel penelitian terdahlu yang dapat diakses secara online maupun offline. Hasil himpunan sumber data menunjukkan bahwa penggunaan wawancara secara virtual dapat berpeluang menimbulkan problematika dan penting untuk segera mendapat penanganan agar dampak yang dihasilkan tidak semakin meluas pada kuantitas dan kualitas program layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Aini, H., & Mudjiran, M. (2020). Cybercounseling as one of the skills in the guidance and counseling service in the 21st century. Southeast Asian Journal of Technology and Science, 1(1), 17–20.
Ardi, Z., Putra, M. R. M., & Ifdil, I. (2017). Ethics And Legal Issues In Online Counseling Services: Counseling Principles Analysis. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 15–22.
Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–5.
Cohen-Scali, V., Bernaud, J. L., Moumoula, I. A., & Pouyaud, J. (2018). Three Life and Career Design Interview Methods for Counseling Young People in Situations of Migration. In Interventions in Career Design and Education (pp. 153–170). Springer.
Harlina, M. (2020). Android Application for Z-Generation as A Guidance and Counseling Media. 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019), 27–29.
Kholiq, A., & Solehuddin, M. (2020). The Use of Facebook as a Media for Career Guidance and Counseling Services in Junior High School. 4th Asian Education Symposium (AES 2019), 224–228.
Kurniawan, N. A. (2020). Profesionalitas Konselor selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 87–91.
Nazarina, P. (2017). Identifikasi Penggunaan Bahasa Lisan menurut Ungkapan Al-Qur’an dalam Wawancara Konseling Islam. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Noviyanti, N. I. (2020). Instagram Social Media As Guidance And Counseling Media Based On Technology. International Journal of Applied Guidance and Counseling, 1(1), 16–19.
Pérez-Rosas, V., Mihalcea, R., Resnicow, K., Singh, S., An, L., Goggin, K. J., & Catley, D. (2017). Predicting counselor behaviors in motivational interviewing encounters. Proceedings of the 15th Conference of the European Chapter of the Association for Computational Linguistics: Volume 1, Long Papers, 1128–1137.
Rodriguez, M., Walters, S. T., Houck, J. M., Ortiz, J. A., & Taxman, F. S. (2018). The language of change among criminal justice clients: Counselor language, client language, and client substance use outcomes. Journal of Clinical Psychology, 74(4), 626–636.
Tan, Y., Teng, Z., Qiu, Y., Tang, H., Xiang, H., & Chen, J. (2020). Potential of Mobile Technology to Relieve the Urgent Mental Health Needs in China: Web-Based Survey. JMIR MHealth and UHealth, 8(7), e16215.
Refbacks
- There are currently no refbacks.