Wayang Kartun sebagai Media Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Dasar

Novi Rosita Rahmawati, Sandra Budi Fitria, Umi Nadhifah, Nadila Zahra Aulianisa, Ryan Abiono Kusuma, M. Riza Saputra, Umi Mamudah

Abstract


Kecerdasan spiritual dapat diajarkan sejak dini sebagai dasar terbentuknya kecerdasan intelektual dan emosional individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media wayang kartun yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Metode yang diusulkan pada artikel ini adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada Borg & Gall.


Keywords


Wayang kartun; Kecerdasan spiritual

Full Text:

PDF

References


Almutia, I. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kesejahteraan Subjektif Siswa Sma Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 356–368. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/15929

Andrean, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Di Sd/Mi Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/6808

Barus, G. (2013). Pengembangan Instrumen Asesmen Kebutuhan Perkembangan Untuk Penyusunan Kurikulum Dan Evaluasi Program BK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 22–46. https://doi.org/10.21831/pep.v15i1.1086

Borg, W. R., Gall, J. P., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction.. Boston, New York and London. Longman.

El Fiah, R. (2014). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 01(2), 85–92. https://doi.org/10.24042/KONS.V2I2.1459

Fauzi, A., & Latifah, T. (2015). Hubungan Metode Jigsaw Dan Spiritual Quotiont Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran (Studi di SMA Negeri 1 Ciruas dan SMA Negeri Keramatwatu). Jurnal Qathruna, 2(2), 1–18. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/2

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). Retrieved from http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/527/474

Hasanah, L. U. (2017). Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/23568/

Hasanah, R. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Perhentian Raja. UIN Sultan Syarif Kasim, Riau. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/12424/

Hidayah, A. N. (2013). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/117758/peningkatan-kecerdasan-spiritual-melalui-metode-bermain-peran-pada-anak-usia-din

Mahmudinata, A. A. (2016). Studi Komparasi Self Control Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Spiritual Tinggi Dan Rendah Di Kelas Xii Sman I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. An-Nuha, 3(1). Retrieved from http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/65/53

Martha, N. U., & Krisnawati, V. (2018). Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media Wayang Kartun Pada Siswa Vii A Smp Negeri 4 Purbalingga Kabupaten Purbalingga. In Prosiding (Vol. 18, pp. 99–105).

Mubarakah, R. H. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Disiplin Madrasah Pada Santri Kelas Xi Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan. Universitas Diponegoro, Semarang. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/75797/

Mustaji. (2005). Pembelajaran Berbasis Konstruk tivistik: Penerapan Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Mutakin, T. Z., Nurhayati, N., & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech, 13(3), 361–373.

Nurtiani, A. T., & Ajimah. (2019). Penggunaan Media Big Book Dalam Bercerita Sirah Nabawiyah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B1 Di Tk Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6(2), 69–77. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/579/537

Nuryanto, S. (2017). Stimulasi Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Dini Melalui Kisah. jurnal indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 41–55. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp41-55

Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada Tk Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 1). Syiah Kuala University.

Rahayu, E. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas II SD Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/148/

Rahmawati, A. (2013). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Sdn Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/19365/

Siswanto, W. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Utami, L. H. (2015). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sd Islam Tompokersan Lumajang. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.448

Utami, M. D. (2018). Hubungan kecerdasan spiritual dengan kecenderungan berperilaku bullying: Studi komparatif di MAN 1 Garut dan SMA 2 Garut. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/18654/

Wahyuni, R., Mayangsari, M. D., & Fauzia, D. R. (2016). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Perilaku Prososial Pada Perawat Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Relationship Between Spiritual Intelligence And Prosocial Behavior In Nurses At Rumah Sakit Islam Banjarmasin (Hospital). Jurnal Ecopsy, 3(3), 140–143.

Wulansari, D. A. (2012). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mendengarkan dongeng melalui penggunaan media wayang kartun pada siswa kelas ii sd negeri 01 penakir pemalang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/19224/

Yuliatun, Y. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 153. https://doi.org/10.21043/thufula.v1i1.4251

Zohar, D., & Marshall, I. (2001). SQ : Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Novi Rosita Rahmawati, Sandra Budi Fitria, Umi Nadhifah, Nadila Zahra Aulianisa, Ryan Abiono Kusuma, M. Riza Saputra, Umi Mamudah