Strategi Pengendalian Kerentanan Sosial Remaja Berbasis Bimbingan Pribadi Sosial

Zaen Musyirifin

Abstract


Pandemi Covid 19 telah mempengaruhi kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi maupun sosial. Pandemi Covid 19 juga memberikan dampak positif maupun negatif bagi kehidupan manusia. Saat ini setiap individu mulai mendekatkan diri dan memperbaiki hubungannya dengan Sang Pencipta karena menyadari bahwa setiap manusia pasti akan mati. Namun, tidak sedikit individu yang mengalami kecemasan sosial berlebihan yang memicu munculnya kerentanan sosial. Meskipun pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, namun tidak semua orang termasuk para remaja mampu berinteraksi dan menjaga hubungannya dengan orang lain terutama sejak diterapkannya social distancing dan physical distancing. Oleh karena itu, perlu dikembagkan strategi pengendalian kerentanan sosial. Hal ini karena usia remaja lebih dekat dengan kerentanan sosial. Salah satu langkah yang perlu dilakukan yaitu memberikan layanan bimbingan pribadi sosial kepada remaja. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan layanan bimbingan pribadi sosial dalam mengendalikan kerentanan sosial remaja pada masa Pandemi Covid 19. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Library Research. Hasil penelitian ini yaitu mencegah kerentanan sosial remaja dengan cara membimbing remaja agar mampu menyeimbangkan dan menjaga hubungan dengan Sang Pencipta (hablummninallah) dan hubungan dengan orang lain (hablummninallah). Beberapa di antaranya yaitu meningkatkan ibadah dan menguatkan kepedulian sosial.


Keywords


kerentanan sosial; remaja; bimbingan pribadi sosial

Full Text:

PDF

References


ABC Australia. (2020). “Dampak Psikologi Virus Corona di Indonesia dan Cara Mengatasinya”, publish 9 Mei 2020 dalam https://www.vivanews.com/berita/nasional/48512-dampak-psikologi-virus-corona-di-indonesia-dan-cara-mengatasinya?medium=autonext, diakses pada 1 Juni 2020.

Adit, Albertus. (2020) “Diskusi Mendikbud dan Najwa Shihab, Ini Dampak Positif-Negatif Corona di Dunia Pendidikan” publish 3 Mei 2020 dalam https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/03/092749071/diskusi-mendikbud-dan-najwa-shihab-ini-dampak-positif-negatif-corona-di?page=all#page2. diakses pada 1 Juni 2020.

Arfianto, Bambang. (2020). “Pandemi Corona dan Bulan Puasa, Pemuda Tetap Berkerumun dan Balapan Motor Liar” publish 30 April 2020 dalam https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01374379/pandemi-corona-dan-bulan-puasa-pemuda-tetap-berkerumun-dan-balapan-motor-liar, diakses pada 1 Juni 2020.

Diah, HM. (2000) Penelitian Kualiatatif Dalam Penerapan, Terj. Pekanbaru: Depdiknas Pusat Bahasa, Balai Bahasa Pekanbaru.

Dianawanti, Vinsensia. (2020), “Riset Tunjukkan Gaya Hidup Orang Indonesia Berubah Karena Virus Corona Covid-19”, publish 13 April 2020 dalam https://www.liputan6.com/bola/read/4225707/riset-tunjukkan-gaya-hidup-orang-indonesia-berubah-karena-virus-corona-covid-19, diakses pada 1 Juni 2020.

Dunning, C.M. & Durden, S. (2013). Social Vulnerability Analysis : A Comparison of Tools, Alexandria.

Dunning, C.M. & Durden, S. (2013). Social Vulnerability Analysis : A Comparison of Tools, Alexandria.

Hamid, S. A. (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Journal of Sosial Sciences and Humanities.

Hantono, Dedi dan Diananta Pramitasari. (2018). “Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik”, Nature National Academic Journal of Architecure UIN Alauddin , Vo. 5, No. 2.

Hanum, Atifah dan Casmini. (2015). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Self-Efficacy Siswa dan Implikasinya Pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman, Yogyakarta, HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 12, No. 2.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.

Jannah, Raodhatul dan Mamat Supriatna. (2018). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling (JPPK): Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Vo. 4, No. 1.

Jatmika, Sidik. (2010). Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?. Yogyakarta: Kanisius.

Kasman, Rusdi. (2013). Program Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa (Studi Pengembangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Setu Bekasi), PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UAD, Vo. 2, No. 1.

Kholisdinuka, Alfi. (2020) “Ketua MPR Ingatkan Tantangan Pasca Corona Bagi Pemuda di Era Digital”, publish 20 Mei 2020 dalam https://news.detik.com/berita/d-5022168/ketua-mpr-ingatkan-tantangan-pasca-corona-bagi-pemuda-di-era-digital, diakses pada 1 Juni 2020.

Lee, Y.J. (2014). Social vulnerability indicators as a sustainable planning tool. Environmental Impact Assessment Review, 44, pp.31–42. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0195925513000802, diakses pada 3 Juni 2020.

Nurihsan, Syamsu Yusuf dan A. Juntika. (2020). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remajarosdakarya.

Putro, Khamim Zarkasih. (2017). “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”, APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, Vol. 17, No. 1.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Wacana Naratif Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Septiani, Ayunda. (2020). “Anak dan Remaja Mudah Stres Saat Pandemi Corona, Berikut Cara Mengatasinya”, publish 1 Mei 2020 dalam https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4998672/anak-dan-remaja-mudah-stres-saat-pandemi-corona-berikut-cara-mengatasinya, diakses pada 3 Juni 2020.

Sumarsono, dan Paina Partana. (2002). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda dan Pustaka Pelajar.

Syaifudin. (2020). “Covid-19, Kerentanan Sosial, dan Gagalnya Physical Distancing” publish 31 Maret 2020 dalam https://kolom.tempo.co/read/1326074/covid-19-kerentanan-sosial-dan-gagalnya-physical-distancing, diakses pada 1 Juni 2020.

Syaodiah, Agustin. (2010). Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: UT.

Taris, Nansianus dan Khairina. (2020). “Pesta Miras dan Berjudi di Tengah Corona, Sekelompok Pemuda Dihukum Rendam di Kolam Sampah,” publish 27 Mei 2020 dalam https://regional.kompas.com/read/2020/05/27/11083231/pesta-miras-dan-berjudi-di-tengah-corona-sekelompok-pemuda-dihukum-rendam-di, diakses pada 1 Juni 2020.

Umi Nurhayati. (2018). “Peran Bimbingan Mental dalam Mengatasi Kerentanan Sosial pada Remaja di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta”, Tesis Program Studi Interdisiplinary Islamic Studies Konsentrasi Pekerjaan Sosial Pascasrjana UIN Sunan Kalijaga.

Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT Remajarosdakarya.

Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. (2014). Landasan bimbingan & konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zaen Musyirifin