Strategi Pembelajaran Teknik Umum Konseling Perorangan pada Masa Pandemi Covid-19

Fitria Kasih

Abstract


Mata kuliah Teknik Umum Konseling Perorangan merupakan salah satu mata kuliah praktik dalam kelompok kecil dan biasanya dilakukan dengan teman sebagai kliennya secara micro counseling di dalam kelas dan laboratorium bimbingan dan konseling. Di masa pandemi strategi mata kuliah ini tidak mungkin lagi dilakukan dalam kelas sebagaimana biasanya. Oleh karena itu perlu diupayakan strategi yang inovatif dan tepat guna sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan sesuai dengan kondisi COVID-19, sehingga tujuan mata kuliah ini dapat dicapai secara maksimal. Strategi inovatif yang dimaksudkan di sini adalah e-Learning, Voice Note, Video Counseling yang disingkat dengan (ELVNVC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Classroom Action Research, dengan empat langkah yaitu: Planning, Action, Observation/Evaluation dan Reflection. Dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Umum Konseling Perorangan pada Semester Genap 2019-2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan alat pengumpulan datanya adalah teknik dokumentasi berupa tugas mahasiswa, hasil evaluasi proses dan evaluasi hasil perkuliahan. Classroom action research ini dilakukan dalam 4 siklus. Berdasarkan analisis data yang dilakukan: Siklus I melalui E-Learning pada aktivitas obrolan dan forum adalah mahasiswa memperoleh pemahaman materi perkuliahan dalam bentuk makalah dan power point tayangan dan bisa mendiskusikan materi perkuliahan secara dalam jaringan (daring). Siklus II dengan menggunakan Voice Note (VN) hasilnya selain dari memperoleh hasil melalui e-Learning juga mendapatkan penjelasan materi secara lisan oleh dosen pengampu mata kuliah. Siklus III dengan menggunakan Video Counseling diperoleh hasil selain siklus 1 dan II adalah praktik konseling yang dilakukan bisa diamati dan ditanggapi secara bersama. Siklus IV dengan menggunakan E-Learning, Voice Note dan Video Counseling (ELVNVC) hasilnya mahasiswa terampil dalam menggunakan teknik umum konseling perorangan secara tepat guna.


Keywords


Strategi pembelajaran; teknik umum; konseling perorangan; pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Fatul Wahid, (2007). Teknologi Informasi dan Pendidikan. Yogyakarta : Ardana Media dan Rumah Produksi informatika, UII.

Jaya Kumar. (2007)Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 2, September 2007, 99-113

Kemmis , S., Mc Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geloong Deakin University Press.

Buku Pedoman Akademik Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Akademik 2018-2019

Sukartawi, (2007). Merancang dan Menyelenggarakan e-Learning. Ardana Media dan Rumah Produksi Informatika. UII, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitria Kasih