Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal
Abstract
Terjadinya outbreak COVID-19 sejak Desember 2019 telah menimbulkan berbagai perubahan pada kehidupan masyarakat, terkhususnya pada lini pendidikan. Inisiasi work from home (WFH) dan anak belajar dari rumah memberikan tekanan pada orang secara global untuk terbiasa dengan peralatan IT dan koneksi internet. Tidak hanya itu, outbreak COVID-19 ini juga telah membuat perubahan dalam kegiatan sehari-hari yang biasa lazim dilakukan oleh peserta didik pada umumnya, salah satunya adalah pola interaksi antar individu. Perubahan-perubahan yang terjadi secara tiba-tiba membuat peserta didik lebih susah untuk membiasakan diri karena belum terbiasa dengan sesuatu hal tersebut. Dalam penerapan gaya hidup baru ini tentunya diperlukan kemampuan adaptasi siswa yang besar. Sesuai dengan konsep manusia yang merupakan sebuah sistem adaptif, tentunya siswa juga mampu untuk melakukan adaptasi di berbagai situasi dan kondisi yang mereka hadapi. Hanya saja dalam meningkatkan kemampuan adaptasi ini terkadang terdapat berbagai hambatan yang membuat peserta didik memerlukan adanya bimbingan. Pada pelaksanaan ini peran guru Bimbingan dan Konseling sebagai layanan bantuan profesional siswa dibutuhkan secara khusus sesuai dengan kondisi saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, L. N. & Kumalasari. F. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Penelitian. Kudus: Universitas Muria Kudus. Diakses pada laman https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/33 pada tanggal 15 Juni
Cigna. (2020). Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Coronavirus. Diakses pada laman https://www.cigna.co.id/health-wellness/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-coronavirus pada tanggal 03 Juni 2020
Karanina, S. D., Suyasa, P. T. Y. S. (2005). Hubungan Persepsi terhadap Dukungan Suami dan Penyesuaian Diri Istri pada Kehamilan Anak Pertama. Jurnal Phronesis 7(1), 65-78
Kompas.com. (2020). Apa itu PSBB. Diakses pada laman https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/13/153415265/apa-itu-psbb-hingga-jadi-upaya-pencegahan-covid-19 pada tanggal 03 Juni 2020
Kompasian.com. (2020). Memahami Istilah New Normal. Diakses pada laman https://www.kompasiana.com/hpinstitute/5ead17b5d541df3e62051864/memahami-istilah-new-normal pada tanggal 03 Juni 2020
Liubana, A. (2019). Pengertian dan Manfaat Kahoot. Diakses pada laman https://alfredliubana40.wordpress.com/2019/05/05/pengertian-da-manfaat-kahoot/ pada tanggal 03 Juni 2020
Martin, Andrew J, et al. (2012). “Adaptability: Conceptual and Empirical Perspectives on Responses to Change, Novelty and Uncertainty”. Australian Journal of Guidance and Counselling, 22. 58–81
Medium.com. (2019). Apa itu Spoon?. Diakses pada laman https://medium.com/@spoonindonesia/apa-itu-spoon-fbe9798c3a47 pada tanggal 03 Juni 2020
Nurohman, A. Prasasti, S. (2019). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'ADALAH, 4(1).
Satuan Tugas Covid-19. (2020). Infografis COVID-19 (08 Mei 2020). Diakses pada laman https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-8-mei-2020 pada tanggal 03 Juni 2020.
Santoso, D.B. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: BK FIP UM.
Schneiders. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston. Diakses pada laman http://library.um.ac.id/free-contents/printbook5.php/koleksi-digital-perpustakaan-18268.html pada tanggal 15 Juni 2020
Tallent, N. (1978). Psychology of Adjustment : Understanding Ourselves and Others, Van Nostrand Reinhold (International)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nur Mega Aris Saputra, Nanda Widya Muharammah