¬Pentingnya Daya Imaginasi Siswa Untuk mencapai Sukses Belajar Dalam Jaringan
Abstract
Terjadinya pandemi Covid-19 dewasa ini telah menimbulkan dampak yang samgat luas di berbagai bidang. Seperti sosial, ekonomi, politik dan pendidikan; semuanya harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Kegiatan pendidikan, misalnya; semua kegiatan belajar mengajarnya, yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka di kelaas, sekarang harus dilakukan jarak jauh melaui pembejaran seara on-line, belajar Daring (beLajar dalam jaringan). Biasanya belajar di sekolah, sekarang harus belajar dirumah. Menerima pelajaran dan mengerjakan semua tugas-tugasnya di rumah. Jika pekerjaan itu berupa PR Maka tidak jadi masalah, tugas diterima di sekolah kemudian anak-anak mengerjakan semua tugas-tugasnya itu di rumah. Besuk harinya anak-ana akan ketemu lagi dengan guru dan teman-temannya di sekolah. Semua kebutuhan sosioemosionalnya dapat dipenuhi secra leluasa disaat ketemu dengan tean-teman disekolah. Sekarang ini semua kegiatan PBM berlangsung lewat daring. Guru dan murid dengan tiba-tiba saja harus melaksanakan PBM nya secara online. Akibatnya aspek humanity, hubungan guru dengan murid menjadi sangat terbatas. Guru tidak bisa menyampaikan materinya seutuhnya. Demikian juga murid tidak merasa tuntas dapat menyerap seluruh materi-nya secara memuaskan. Salah satu cara untuk mengisi celah adanya gap ini adalah dengan meningkatkan daya imaginasi siswa selama belajar dalam jaringan. Dengan daya imaginasinya itu siswa akan lebih leluasa mencapai pemahaman terhadap materi-materi pembelajarannya sesuai dengan perspsinya masing-masing.
Keywords
belajar dalam jaringan; daya imaginasi
Full Text:
PDFReferences
Chaplin, C. P. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. Cet. Ke 3. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Geldard, K. & Geldard D. (2011). Konseling Anak-Anak. Panduan Praktis. Edisi ke 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hergenhan, B.R. & Olson, Matthew H. (2008). Theories Of Learning. Ed. Pearson Education: All-righs Reserved
James W. K. (2010). Biopsikologi. Biological Psychology. Buku 2. edisi 9. Jakarta: Penerbit salemba Hummanika.
Matlin. M. W. (1994). Cognition. 3rd.Ed. USA: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. Perkembangan Masa-Hidup. Edisi ke 13. jilid 2. Surabaya: Penerbit Erlangga
Santrock, J. W. (2012). Masa Perkembangan Anak. Edisi ke 11. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Moh. Bisri, Nur Eva, Tutut Chusniah