Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19

Deka Ramanta, Febi Dwi Widayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Putra Indonesia Malang pada masa pandemi Covid-19. Selama pandemi covid-19, semua proses pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing, sehingga proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan metode survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMK Putra Indonesia Malang. Hasil dari penelitian ini, yaitu; 1) Pembelajaran daring merupakan model pembelajaran baru bagi peserta didik sehingga selama pelaksanaannya peserta didik merasakan kelebihan dan kelemahannya; 2) Selama proses pembelajaran daring peserta didik mengalami beberapa kendala yakni faktor internal dan eksternal, sehingga dibutuhkan regulasi diri/kontrol diri (self regulated) yang baik untuk mengatasi kendala peserta didik tersebut; dan 3) Peserta didik menginginkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi mereka di rumah, sehingga mereka dapat belajar dengan nyaman. Interaksi guru dan peserta didik dapat terjalin baik jika di dalam proses pembelajaran daring, guru memahami kondisi peserta didik dan menyesuaikan strategi pembelajarannya.


Keywords


pembelajaran daring; belajar di rumah; covid-19

Full Text:

PDF

References


Casem, M. L. (2006). Active Learning Is Not Enough. Journal of College Science Teaching, 35(6), 52–57.

Chung, M. K. (2000). The Development of Self-Regulated Learning. The Institute of Asia Pasific Education Development, 1(1), 55–66.

Clemons, T. L. (2008). Underachieving Gifted Students: A Social Cognitive Model. Virginia: Universutay of Virginia.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155.

Glynn, S. M., Aultman, L. P., & Owens, A. M. (2005). Motivation to Learn in General Education Programs. Journal of General Education, 54(2), 150–170.

Lazonder, A. W., Wilhelm, P., & Hagemans, M. G. (2008). The influence of domain knowledge on strategy use during simulation-based inquiry learning. Learning and Instruction, 18(6), 580–592. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.12.001

Liu, Y., Gu, Z., Xia, S., Shi, B., Zhao, X.-N., Shi, Y., & Liu, J. (2020). What are the underlying transmission patterns of COVID-19 outbreak? An age-specific social contact characterization. EClinicalMedicine, 6(14), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2020.100354

Markova, T., Glazkova, I., & Zaborova, E. (2017). Quality Issues of Online Distance Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 685–691. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.043

Mittelmeier, J., Rienties, B., Rogaten, J., Gunter, A., & Raghuram, P. (2019). Internationalisation at a Distance and at Home: Academic and social adjustment in a South African distance learning context. International Journal of Intercultural Relations, 72, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2019.06.001

Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-Regulated Learning: Current and Future Directions. Electronic Journal of Receach in Educational Psychology, 2(1), 1–34.

Schapiro, S. R., & Livingston, J. A. (2000). Dynamic Self-Regulation: The Driving Force Behind Academic Achievement. Innovative Higher Education, 25(1), 23–35. https://doi.org/10.1023/A:1007532302043

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. Seminar Nasional Di FPMIPA UNY Yogyakarta. Yogyakarta.

Theobald, K. A., & Ramsbotham, J. (2019). Inquiry-based learning and clinical reasoning scaffolds: An action research project to support undergraduate students’ learning to ‘think like a nurse.’ Nurse Education in Practice, 38, 59–65. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.05.018

Weaver, M. S., & Wiener, L. (2020). Applying Palliative Care Principles to Communicate With Children About COVID-19. Journal of Pain and Symptom Management, 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2020.03.020

Yulanda, N. (2017). Pentingnya Self Regulated Learning bagi Peserta Didik dalam Penggunaan Gadget. Research and Development Journal Of Education, 3(2), 164–171.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Deka Ramanta, Febi Dwi Widayanti