Implementasi Aplikasi Eduda sebagai Media Pembelajaran Konseling Membangun Ketahanan Diri Siswa Mencegah Narkoba

Raudah Zaimah Dalimunthe, Rosmala Dewi

Abstract


Penyalahgunaan narkoba siswa dan mahasiswa dilatarbelakangi permasalahan sosial, ekonomi, pergaulan teman sebaya, dan lingkungan. Oleh karena itu membangun ketahanan diri menghadapi kesulitan kehidupan semakin penting. Eduda (Education Drug of Adversity) merupakan program pendidikan membangun ketahanan diri siswa dibantu guru bimbingan konseling. Pada masa pandemi Covid-19 program aplikasi ini semakin tepat media pembelajaran dari rumah dilaksanakan guru bimbingan konseling. Penelitian bertujuan untuk menganalisis respon guru bimbingan konseling menggunakan aplikasi Eduda sebagai media pembelajaran membangun ketahanan diri siswa mencegah narkoba Ketahanan diri merupakan konten diri bersifat psikologi menjadi isi layanan konten bagi guru bimbingan konseling untuk mencegah siswa dari coba-coba narkoba. Pada masa pandemic covic-19 kondisi belajar dari rumah guru bimbingan konseling memiliki bahan pembelajaran menggunakan media eduda. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskripsi persepsi pengguna aplikasi Eduda. Dengan menggunakan random sampling diperoleh sampel sebanyak 28 responden guru bimbingan konseling di Kota Medan. Sebanyak 16 item pernyataan tentang penerimaan dan perbaikan aplikasi Eduda serta komentar dari responden tentang aplikasi tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat 2 (dua) item yang disoroti untuk diperbaiki yaitu memberikan informasi preventif terhadap narkoba dan keakuratan informasi yang diperoleh. Begitu juga dengan perbaikan minor dari item lainnya yang perlu dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan aplikasi Eduda. Secara umum aplikasi Eduda layak menjadi media pembelajaran konseling membangun ketahanan diri siswa untuk mencegah inisiasi narkoba, diharapkan aplikasi Eduda dapat disempurnakan dan dilanjutkan penggunaannya diberbagai jenjang sekolah.  


Keywords


Aplikasi eduda; ketahanan diri; konseling

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bryan, J. A. (2005). Fostering Educational Resilience and Achievement in Urban Schools Through School-Family-Community Partnerships. Professional School Counseling. 8:3.

Close, W. & Solberg, S. (2007). Predicting achievement, distress and retention among lower-income Latino youth. Journal of Vocational Behavior, 72, 31-42.

Dewi, R., Rahmadana, M.F., Pangaribuan, W., & Dalimunthe, M.B. (2018). Laporan Penelitian. Model Membangun Ketahanan Diri terhadap Inisiasi dan Pembiasaan Narkoba Menggukan Aplikasi Edu-da. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Universitas Negeri Medan.

Dewi, R., Fitri Rahmadana, M., Pangaribuan, W., & Bukhori Dalimunthe, M. (2020). Self-Resilience Model of Drug Initiation and Drug Addiction (A Structural Equation Model Approach). Archives of Psychiatry Research: An International Journal of Psychiatry and Related Sciences, 56(1), 5-18.

Donald, D., Lazarus, S., dan Lolwana, P. (2010). Educational psychology in social context. Ecosystemic applications in Southern Africa, 4th edn. Cape Town: Oxford University Press.

GLASER, D. (2000). Child abuse and neglect and the brain. Journal of Child Psychology and

Psychiatry, 41(1), 97–116.

Luthar, S. S., Sawyer, J. A., & Brown, P. J. (2006). Conceptual issues in the studies of resilience-Past, present, and future research. Annals of the New York Academy of Sciences, 1095; pp. 105–115.

Luthar, S. S., Gicchetti, D., & Becker, B. (2000).The construct of resilience: A critical evaluation and guidelines for future work.Child Development, 71, 543–562.

Maddi. Salvatore dan Debora. (2005). Resilience at Work: How To Succed No Matter What Life Throws at You. New York: AMACOM.

Newman, R. (2005). APA's resilience initiative. Professional Psychology: Research and Practice, 36(3), 227–229. https://doi.org/10.1037/0735-7028.36.3.227.

Reivick, K & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitacles Obstacles. New york: Broadway Books.

Roy, P., Rutter, M. & Pickles, A. (2000). Institutional care: risk from family background or

pattern of rearing. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 41(2), 139–149.

Stoltz, P. (2000). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta: Grasindo.

Tiet, Q. Q., Bird, H. R., Davies, M., Hoven, C., Cohen, P., & Jensen, P. S., et al. (1998). Adverse life events and resilience. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 37, 1191–1200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Raudah Zaimah Dalimunthe, Rosmala Dewi