Elaborasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Non Formal Sebagai Wadah Self Development di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19

Nur Mega Aris Saputra, Nanda Widya Muharammah

Abstract


Pandemi virus covid-19 yang terjadi pada saat ini memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia yang ada didunia. Perubahan-perubahan terjadi secara signifikan pada berbagai sektor yang ada, salah satunya adalah pada sektor pendidikan. Keadaan yang terjadi dari akhir bulan maret ini membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan atau peraturan khusus untuk menghalau penyebaran virus covid-19 antara lain: work from home, physical distancing dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau jika pada sektor pendidikan muncul istilah belajar di rumah. Walaupun terjadi pandemi virus ini tetapi pelaksanaan pendidikan diharapkan tetap bisa berjalan dengan ditunjang oleh kemajuan teknologi yang ada. Salah satunya adalah tinjauan kolaborasi dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling pada pendidikan non formal sebagai salah satu solusi pengembangan diri warga belajar baik pada aspek ketrampilan soft skill maupun kesehatan mental ditengah pandemi wabah virus covid-19 dengan tinjauan keberterimaan, kemudahan dan keterpaduan aksesbilitas. Elaborasi atau kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam pelaksanaan kegiatan atau layanan bagi warga belajar pada pendidikan non formal.


Keywords


bimbingan dan konseling; pendidikan non formal; pengembangan diri

Full Text:

PDF

References


Nuryanti, S. (2020). Peran Masyarakat untuk Bela Negara dalam Menghadapi Covid-19 (The Role of Society for Defending the Country in Facing COVID-19). Available at SSRN 3575583.

Nasution, M. R. Covid-19 Tidak Menjadi Hambatan Pendidikan Di Indonesia?.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'ADALAH, 4(1).

Satuan Tugas Covid-19. (2020). Infografis COVID-19 (08 Mei 2020). Diakses pada laman https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-8-mei-2020 pada tanggal 08 mei 2020.

Santoso, D.B. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: BK FIP UM.

Suryana, S. (2010). Model Pemberdayaan Pendidikan Non Formal (Pnf) Dalam Kajian Kebijakan Pendidikan. Edukasi, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Mega Aris Saputra, Nanda Widya Muharammah