Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Indira Ratnafuri, Muslihati Muslihati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan self regulated learning siswa dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan ketuntasan belajar di masa pandemi Covid-19. Sebuah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design yang memiliki rumusan hipotesis bahwa kemampuan self regulated learning siswa dalam pembelajaran daring efektif untuk meningkatkan ketuntasan belajar mereka. Subyek penelitian yang dilibatkan adalah 33 orang siswa kelas X MIPA yang memiliki ketuntasan belajar terendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket ketuntasan belajar dan panduan penerapan strategi self-regulated learning. Data pre test dan post test dianalisis dengan statistic parametik analisis Uji Paired T-Test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,000 < 0,05. Hasil analisis data membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain penerapan pelatihan self regulated learning dalam pembelajaran daring efektif meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru Bimbingan dan Konseling agar berkolaborasi dengan guru bidang studi dalam menerapkan strategi self-regulated learning dalam mendampingi proses belajar siswa melalui sistem daring.

Keywords


self regulated learning; pembelajaran daring; ketuntasan belajar

Full Text:

PDF

References


Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145-155.

Hernawan, A. H. (2008). Makna ketuntasan dalam belajar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(2).

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Improving Instruments of Students Self-Regulated Learning. J. Pendidik. Mat. Univ. Negeri Yogyakarta.

Isman, 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING).

Jarmita, N., & Hazami, H. (2013). Ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (rme) pada materi perkalian. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(2).

Kurniawan, Rizki. 2013. Hubungan Self Regulated Learning dengan Prokratinasi Akademik pada Mahasiswa Jurusan Psikologi UNNES, Semarang : UNNES9http:lib.Unnes,ac.id, diakses 16 Mei 2020)

Mukminan. (2003). Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Departemen Pendidikan Nasional, Ditjen Dikdasmen, Direktoral PLP, Jakarta.

Pujiati, I. (2008). Peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1-20.

Wkipedia Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_2013 diakses tanggal 15 Mei 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indira Ratnafuri, Muslihati Muslihati