Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19

Elisabeth Christiana

Abstract


Burnout Akademik mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi, dan perasaan prestasi pribadi yang rendah. Corona Virus Disease atau biasa disingkat dengan COVID-19 ber dampak juga pada mahasiswa serta perguruan tinggi. Dampak yang terjadi akibat pandemi ini selain dituntut untuk tetap dirumah saja berdasarkan anjuran pemerintah, perkuliahan yang biasa terjadi secara tatap muka pun berubah menjadi kuliah jarak jauh atau Daring.Tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang faktor-faktor burnout akademik selama pandemi covid 19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab burnout akademik selama pandemi covid 19.


Keywords


Burnout Akademik; Pandemi Covid-19; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Gold, Y & Roth, R. A. (1993). Teachers Managing Stress and Preventing Burnout: the Professional Health Solution. London: The Flamer Pres.

Jatmiko, B. (2020).Pembelajaran Daring Dinilai Gagal Suara Merdeka News (30 April 2020)

Kripendorff, K. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.

Namora, L. L. (2009). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta, Prenada Media Group.

Sheldon & Kennon M. (2014). Optimal Human Being. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence : Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga.

Maslach, C., & Leiter, M,P. (1997). The truth about burnout. San Francisco: jossey Bas.

Maslach, C., & Jackson, S. E. (1981). “The measurement of experienced burnout”. Journal of organizational behavior, 2(2), 99-113.

Rahman, U. (2007). Mengenal burnout pada guru. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(2), 216-227.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elisabeth Christiana