Media Edukasi Melalui Animasi Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Dalam Melawan Informasi Hoaks

Ulfa Amalia, Erlin Fitria, Irma Handayani

Abstract


Fenomena perkembangan informasi hoaks saat ini sangat meresahkan dan masih sering terjadi di masyarakat. Dampaknya muncul keresahan, kekhawatiran yang menyebabkan kebencian dan potensi konflik ditengah masyarakat yang dituangkan dalam bentuk adu argumen di media sosial. Kesalahan persepsi yang muncul karena adanya pemahaman yang didasarkan pada informasi hoaks menjadi tanggungjawab semua pihak untuk mengembangkan media edukasi yang berfungsi sebagai sarana untuk membangun critical thinking skill. Ketrampilan ini dibangun sebagai langkah positif untuk menumbuhkan daya kritis dalam menerima berbagai informasi. Artikel ini mengulas tentang pentingnya pencegahan penyebaran informasi hoaks melalui pembelajaran yang diciptakan dengan media animasi yang menyajikan audio visual yang menarik dan efektif. Animasi dikembangkan melalui software macromedia flash yang merupakan multimedia interaktif untuk memudahkan dan meningkatkan pemahaman individu dalam menerima pesan atau makna yang terkandung di dalam media tersebut. Ketrampilan berpikir kritis pengguna media terhadap informasi yang tersaji di media sosial menjadi cara yang tepat untuk memiliki kemampuan cerdas dalam menyaring informasi yang layak dan tepat sehingga dapat menumbuhkan kesejahteraan dan ketentraman di masyarakat. Edukasi yang dilakukan secara masif diharapkan dapat membangun sikap kritis dan memberikan arahan pada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk bersikap bijaksana.


Keywords


critical thinking skill; hoaks; media edukasi

Full Text:

PDF

References


Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9616/5058

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 286–297.

Christiany Juditha. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. Jurnal Pekommas, 3(1), 31–44. https://www.neliti.com/publications/261723/hoax-communication-interactivity-in-social-media-and-anticipation-interaksi-komu

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.

Gunawan, H. (2012). Socratic Questioning Method Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa. Seminar Nasional Bahasa, 290–296. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1936/D08 - Prosiding - Tema D Linguistik Terapan - Hero Gunawan.pdf?sequence=1

Hadjam, M., & Widhiarso, W. (2011). Pengujian Model Peranan Kecakapan Hidup Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Psikologi UGM, 38(1), 61–72. https://doi.org/10.22146/jpsi.7665

Harwanti Noviandari, M. E. F. (2018). PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING. 7(September), 160–164.

Huda, M. M., & Rahman, L. (2020). Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. 02(02).

Hutomo, B. P. M. (2015). Dasar Memelihara Transmisi Otomatis Dan Komponennya Untuk ( the Application of Macromedia Flash Based Interactive Media on the Basic Competence of Maintain Automatic Transmission and Components To Improve Learning Outcomes ). 15(2), 78–81.

jitunews.com. (2017). Blokir 6.000 Situs Hoax, Kemkominfo: Penyebaran Paling Tinggi di Januari. https://kominfo.go.id/content/detail/10418/blokir-6000-situs-hoax-kemkominfo-penyebaran-paling-tinggi-di-januari/0/sorotan_media

Kominfo. (2020). Lebih dari 500 Hoaks Covid-19, Menkominfo: Dukung Upaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. https://www.kominfo.go.id/content/detail/25807/lebih-dari-500-hoaks-covid-19-menkominfo-dukung-upaya-putus-mata-rantai-penyebaran-covid-19/0/berita_satker

Nurjanah, W., Kritis, K. B., & Sejarah, P. (2020). HISTORICAL THINKING SKILS DAN. 23(1), 106–118.

Pradana, Y. (2018). ATRIBUSI KEWARGAAN DIGITAL DALAM LITERASI DIGITAL. 3(2), 168–182.

Pratama, A. (2018). Jenis Animasi. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(2), 1–11.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/mp.v14i2.9486

Salahuddin, M., & Asroriyah, F. (2019). Kecakapan Berpikir Dalam Konteks Pendekatan Pembelajaran Pada Kurikulum Sekolah Di Indonesia. AL-ADABIYA: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 63–84. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.104

Septanto, H. (2018). Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 157–162.

Sihotang, K. (2017). Berpikir Kritis: Sebuah Tantangan dalam Generasi Digital. Respons, 22(02), 227–247.

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Suharyanto, C. E. (2019). Analisis Berita Hoaks Di Era Post-Truth: Sebuah Review. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 37. https://doi.org/10.17933/mti.v10i2.150

Syafi’i, I., & Muljono, H. (2018). Pelatihan Pembelajaran Dengan Strtaegi Critical Thinking Question. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.237

Tapung, M. M., Edu, A. L., & Jaya, P. R. P. (2019). Kemampuan Bermedia dan Daya Kritis Para Mahasiswa Di Kabupaten Manggarai - Flores. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.11029

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13–24. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/viewFile/17444/13932

Walidah, I. Al. (2018). Tabayyun di Era Generasi Millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), 317. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1359

Wibowo, T. (2019). Pembelajaran Matematika Dan Risetnya Di Era. 5(1), 676–686.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.