Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi

Ahmad Zaini, Mori Dianto, Rila Rahma Mulyani

Abstract


Proses pelayanan akan berjalan efektif apabila seluruh komponen ikut serta dalam proses tersebut, salah satu komponen yang berpengaruh adalah media, dengan adanya media peserta didik menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam mengikuti layanan seperti layanan informasi yang diberikan oleh guru BK. Media dalam layanan informasi menampilkan informasi yang terkait kebutuhan peserta didik setidak-tidaknya media yang ditampilkan dapat bermanfaat bagi guru itu sendiri maupun bagi peserta didik. Di samping itupemakaian media dalam pelayanan BK dapat berpengaruh langsung terhadap psikologis peserta didik. Adapun tujuan dalam penulisan ini adalah meningkatkan kemauan peserta didik dalam mengikuti layanan informasi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan studi literatur dari beberapa referensi. Bagi guru BK media yang digunakan bisa disajikan melalui layanan informasi, guru BK seharusnya memiliki daya tarik tersendiri dalam menggunakan media yang disampaikan. Media yang digunakan melalui layanan informasi bisa dilakukan diantaranya menggunakan alat peraga, media tertulis, gambar, poster dan media elektronik.


Keywords


media; layanan informasi

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Efendi. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling. Jurnal BK UNESA. 1, (1) 1-20

Mirnayenti. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Meningkatkan Sikap Anti BullyingPeserta Didik .Jurnal Konselor. 4(2). 84-91.

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia

Prasetiawan, H. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 2018, 87–98

Sadiman,A. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.