Kesejahteraan Psikologis Guru Bimbingan dan Konseling: Implikasi Self Care dalam Peningkatan Profesionalisme

Ribut Purwaningrum

Abstract


Menjalankan tugas sebagai guru BK memerlukan keahlian khusus dalam memberikan pelayanan bagi peserta didik di sekolah. Tujuan dari pelayanan BK adalah tercapainya kemandirian peserta didik dan diperolehnya kesejahteraan peserta didik. Banyaknya tanggungjawab yang harus dilakukan oleh guru BK sebagai bentuk kinerja profesional tidak jarang membawa guru BK pada kondisi kelelahan berlebih hingga tidak mampu untuk menjalankan tugas dan kewajiban sebagai guru BK secara profesional. Menanggapi hal tersebut, perlu dilakukan upaya self care bagi guru BK untuk membantu menyeimbangkan kinerja profesional dengan kehidupan personal. Self care adalah upaya yang dibutuhkan guru BK karena pada kenyataannya, banyak guru BK yang lebih berfokus untuk memperhatikan peserta didik dibandingkan memperhatikan diri sendiri. Hasil akhir dari self care guru BK adalah tercapainya kesejahteraan psikologis. Kesejahteraan psikologis ditandai dengan kondisi: a) self acceptance, b) positive relation with other, c) environmental mastery, d) autonomy, e) purpose in life, dan f) personal growth. Guru BK dengan kesejahteraan psikologis yang tinggi lebih mampu untuk menjalankan tanggungjawabnya sebagai guru BK di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur dari berbagai sumber untuk memperoleh dukungan yang memadai terkait pernyataan-pernyataan sebelumnya.


Keywords


self care; kesejahteraan psikologis; guru BK

Full Text:

PDF

References


Bradley, N., Whisenhunt, J., Adamson, N., Kress, V.E. 2013. Creative Approach for Promoting Counselor Self-Care. Journal of Creativity and Mental Health Vol. 8 Hal. 456-469.

Carroll, L., Gilroy, P. J., & Murra, J. 1999. The Moral Imperative: Self-care for Women Psychotherapists. Women & Therapy Vol. 22 Hal. 133—143.

Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy Eight Edition. Belmont CA: Thomson Higher Education.

Dahir, C.A., Stone, C.B. 2012. The Transformed School Counselor. USA: Brooks/ Cole.

Dodge, R., Dally, A. Huyton, J., Sanders, L. The Challenge to Define Wellbeing. International Journal of Wellbeing Vol. 2 No. 3 Hal. 222-235.

Halloran, T.M., Linton, J.M. 2000. Stress on the Job: Sef Care Resources for Counselors. Journal of Mental Health Counseling Vol. 22 No. 4 hal. 354.

Nelson, J.R., Hall, B.S., Anderson, J.L., Birtles, C., Hemming, L. 2017. Slf-Compassion as Self-Care: A Simple and Effective Tool for Counselor Educators and Counseling Students. Journal of Creativity and Mental Health. https://doi.org/10.1080/15401383.2017.1328292.

Peraturan Menteri Pendidikan nomor 17 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Pincus, J. (2006). Teaching se¡f-care. Paper dipresentasikan pada Pennsylvania Psychological Association on the Ethics Educators Conference, Hardsburg, PA. Tidak dipublikasikan.

Purwaningrum, R. 2019. Model Struktural Kesejahteraan Psikologis Guru Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang. Disertasi. Tidak diterbitkan.

Richards, K.C., Campenni, C.E., Muse-Burke, J.L. 2010. Self-Care and Wellbeing in Mental Health Professionals: The Mediating Effects on Self-Awareness and Mindfulness. Journal of Mental Health Counseling Vol. 32 No. 3 Hal. 247-267.

Rogers, C. 1961. On Becoming a Person. New York: Houghton Mifflin.

Rowley, J., Slack, F. 2004. Conducting a Literature Review. Management Research News Vol. 27 No. 6 Hal. 31-39.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Ryff, C. D. (1995). Psychological Weil-Being. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/20182342

Ryff, C. D. (2014). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83, 10–28. https://doi.org/10.1159/000353263

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 64(4), 719–727. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2508121

Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0

Ryff, C., & Singer, B. (1998). The Contours of Positive Human Health. Psychological Inquiry, 9(1), 1–28. https://doi.org/10.1207/s15327965pli0901_6

Skovholt, T.M., Grier, T.L., Hanson, M.R. 2001. Career Counseling for Longevity: Self Care and Burnout Prevention Strategies for Counselor Resilience. Journal of Career Development Human Science Press Inc.

Skovholt, T. M., Mathison, M.T. 2014. The Resilient Practitioner Burnout Prevention and Self-Care Strategies for Counselors, Therapist, Teachers, and Health Professionals Second Edition. London: Routledge Taylor and Francise Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.