IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DI SATUAN PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak: Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana dan lingkungan yang efektif. Lingkungan yang efektif yang dimaksud adalah lingkungan yang mendukung peningatan kualitas pembelajaran peserta didik dan peningkatan kualitas guru. Melalui kepemimpinan instruksional kepala sekolah dapat memfokuskan tujuannya dalam mencapai tujuan belajar peserta didik yang optimal. Artikel ini disusun dengan tujuan untuk mengungkap konsep, peran, dan implementasi dari kepelimpinan instruksional kepala sekolah di sekolah. Metode penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan. Melalui studi kepustakaan, peneliti melakukan kajian dengan memulai dari kepustakaan yang paling baru, dilanjutkan dengan sumber-sumber sebelumnya, membaca ringkasan, atau abstrak, memahami gagasan-gagasan utama isi sumber, membuat catatan langsung untuk memudahkan dalam penyusunan artikel, dan menulis data-data sumber pustaka atau referensi secar lengkap setiap sumber yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan instruksional memiliki peran yang penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Melalui kepemimpinan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu profesionalisme guru, meningkatkan motivasi, inovasi, kreativitas guru untuk tujuan utama pencapaian prestasi peserta didik.
Kata kunci: instruksional, pembelajaran, prestasi peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Majelis Pendidikan Daerah Aceh, Jurnal Pencerahan, 8(2), 98-108. (Online). (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2158), diakses 15 April 2019.
Anwar, M. I. 2003. Administrasi Pendidikan dan Manajenem Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arifin, I. 2016. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. (Online). (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/52-Imron-Arifin.pdf), diakses 9 April 2019.
Bush, & Glover. 2003. School Leadership: Concepts and Evidence. National College for School Leadership (NCSL). (Online). (https://dera.ioe.ac.uk/5119/14/dok217-eng-School_Leadership_Concepts_and_Evidence_Redacted.pdf ), diakses 14 April 2019.
Daresh, J. W., & Playco. 1995. Supervision as a Proactive Process. Illinois: Waveland Press, Inc.
Deddy, & Taty. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Edginton, C. R., & William, J. G. 1985. Productive Management of Leisure Service Organizations; a Behavioral Approach. New York: Macmillan Publishing House.
Gorton, R. A., & Schneider, G. T. 1991. Schools Based Leadership: Chalengge and Oppurtunities. Debuque, Iowa: Wim C Brown Company Publisher.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hallinger, P. 2003. Leading Educational Change: Reflections on the Practice of Instructional and Transformational Leadership. Cambridge Journal of Education, 33(3), 35-70. (Online), (https://eric.ed.gov/?id=EJ770849), diakses 9 April 2019.
Hanifi, P., & Cansoy, R. 2017. Examining the Relationship between Instructional Leadership and Organizational Health. Journal of Education and Training Studies, 5(4), (Online). (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1133837.pdf), diakses 8 April 2019.
Ismail, S. N., Don, Y., Husin, F.,, & Khalid, R. 2018. Instructional Leadership and Teachers’ Functional Competency across the 21st Century Learning. International Journal of Instruction, 11(3), (Online). (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1183348.pdf), diakses 8 April 2019.
Kusmintardjo. 2014. Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan, 24(3), 203-212. (Online). (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-327-36.pdf), diakses 17 April 2019.
Lingard, B., Hayes, D., Mills, M., & Christie, P. 2003. Leading Learning. Philadelphia: Open University Press.
Logho, A. F. 2016. Peranan Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian, 20(1), (Online). (http://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/857/659), diakses 8 April 2019.
Plunkett, W. R., & Attner, R. F. 1983. Introduction to Management. Boston, Massa-chusetts: Kent Publishing Company.
Rathana, L. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Istruksional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru pada Sekolah Menengah Pertama Se Bandung Utara. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Penididikan Indonesia. (online). Dari (http://repository.upi.edu/2172/4/T_ADP_1107061_Chapter1.pdf), diakses 8 April 2019.
Sergiovanni, T. J., McCarthy, M., Fowler, M., & Frances, C. 2009. Educational Governance and Administration. New York: Person Education, Inc.
Sisman, M. 2016. Factors Related to Instructional Leadership Perception and Effect of Instructional Leadership on Organizational Variables: A Meta-Analysis. Educational Sciences: Theory & Practice, 16(5), (Online). (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1115077.pdf), diakses 8 April 2019.
Southworth, G. 2002. Instructional Leadership In Schools: Reflections and Emperical Evidence. Journal National College for School Leadership. (Online). (http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.138.534&rep=rep1&type=pdf), diakses 11 April 2019.
Suharasaputra, U. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Tanama, Y. J., Bafadal, I., & Degeng, I. N. 2019. Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah. (Online). (https://adoc.tips/pentingnya-kepemimpinan-pembelajaran-di-sekolah.html), diakses 9 April 2019.
Ubben, G. C., & Hughes, L. W. 1992. The Principal: Creative Leadership for Effective School. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Usman, H. 2015. Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 34(3), (online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7338/pdf), diakses 8 April 2019.
Usman, H. 2014. Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wilison, R. 2008. What Make an Instructional Leader. New York: Phi Delta Kappan.
Wiwaran. 2013. Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.
Yulk, G. 1998. Leadership in Organizations. London: Prentice-Hall International.
Refbacks
- There are currently no refbacks.