PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Firman Budi Santoso

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara pengembangan kompetensi guru yang menekankan pengembangan personal dengan tuntutan revolusi industri 4.0 yang menekankan pengembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan studi literasi. Hasil yang diharapkan adalah dapat menunjukkan suatu korelasi antara pengembangan kompetensi guru dan tuntutan revolusi industri 4.0 sehingga asumsi berkurangnya fungsi manusia akibat teknologi dapat terminimalisasi.

 

Kata kunci: teknologi, fungsi manusia, kompetensi guru, revolusi industri 4.0


Full Text:

PDF

References


Abersek, B. 2017. Evolution of Competences for New Era or Education 4.0. Disajikan dalam seminar Impact of Technologies in the Sphere of Education and Educational Research. Czech Educational Research Asosiation (CERA/CAPV), Czech, 13-14 September.

Andriani, D. E. 2010. Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(6). (online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/3639/3112, diakses 10 April 2019.

Anwar, M. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenamedia Group.

Delloite. 2018. The Fourth Industrial Revolution, Are You Ready? New York: Sage.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hamdan. 2018. Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2). 1-8.

Hariawan, R. 2011. Manajemen Program Parenting pada PAUD Unggulan Nasional (Studi Multisitus pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya). Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana: Universitas Negeri Malang.

Nugraha, D. 2018. Workshop Technopreneurship Road to TBIC 2019. (Online). (https://melakukan.com/transformasi-sistem-revolusi-industri-4-0-dadan-nugraha-workshop-technopreneurship-road-to-tbic-2019-30-september-2018/), diakses 10 April 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Kependidikan. Jakarta: Kemdiknas.

Suprihatiningrum, J. 2014. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.