PEMBERIAN PUNISMENT DAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran dan deskripsi mengenai strategi pemberian punisment dan reward sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Bagaimana penerapan startegi pemberian punisment dan reward dilakukan dilapangan serta tujuan dari pemberian punisment dan reward. Pada penelitian ini data yang diperoleh menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi dan data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumen atau foto-foto mengenai startegi yang ditetapkan dalam proses pemberian punisment dan reward.
Kata kunci: punisment, reward, kinerja guru
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Bumi Aksara.Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., dan Susilawati, S. Y., dan Gunawan, I. 2017. Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.
Kurniawan, R., & Nasiwan. 2017. Pengaruh Pemberian Reward dan Educative Punisment terhadap Perilaku Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Sleman. (Online) (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/10271), diakses pada 18 April 2019.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., dan Gunawan, I. 2018. Teachers Empowerment of Pesantren-Based Junior High School East Java Province Indonesia. Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 4(3), 29-33.
Purwanto, M. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sabri A. 1999. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Usman, M. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Money, V. 2017. Effectiveness of Transformational Leadership Style in Secondary Schools in Nigeria. Journal of Education and Practice, 8(9). (Online). (https://eric.ed.gov/?q=transformation+of+leadership&ft=on&id=EJ1138836), diakses 13 April 2019.
Mittal, R. 2015. Charismatic and Transformational Leadership Styles: A Cross-Cultural Perspective. International Journal of Business and Management, 10(3): 26-27.
Rees, E. 2001. Seven Principles of Transformational Leadership: Creating A Synergy of Energy. (Online). (cicministry.org), diakses 13 April 2019.
Robbins, S. P., & Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Safaria, T. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanusi, A. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2010. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wahab, F., & Ismail, M. 2014. Headmasters’ Transformational Leadership and Their Relationship with Teachers’ Job Satisfaction and Teachers’ Commitments. International Education Studies, 7(13). (Online). (https://eric.ed.gov/?q=transformation+of+leadership&ft=on&id=EJ1071168), diakses 13 April 2019.
Wiyono, B. B. 2007. Self Evaluation Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yukl, G. 2010. Kepemimpinan dalam Organiasasi. Jakarta: Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.