KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang konsep kepemimpinan transaksional dalam bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur. Hasil kajian literatur tersebut adalah: (1) konsep kepemimpinan transaksional; (2) karakteristik kepemimpinan transaksional; (3) kelebihan kepemimpinan transaksional; dan (4) kekurangan kepemimpinan transaksional. Peran pemimpin sangat penting untuk dapat menjaga iklim organisasi dari gaya kepemimpinan transaksional yang ia terapkan dalam organisasi. Oleh karena itu, ketika pemimpin melakukan kesepakatan yang bersifat transaksional dengan anggota organisasi yang dirasa cukup dekat dengannya. Pemimpin tidak boleh mengabaikan aspek yang lain dalam organisasi. Pemimpin diharapkan dapat mengambil segala keputusan yang cepat dan tepat karena tidak menutup kemungkinan kesepakatan transaksional antara pemimpin dengan bawahan dapat menciptakan masalah yang pelik dalam organisasi.
Kata kunci: kepemimpinan transaksional, kepemimpinan pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Aga, A. D. 2016. Transactional Leadership and Project Success: The Moderating Role of Goal Clarity. Procedia Computer Science, 100, 517-525.
Bass, B. M. 1985. Leadership and Performance Beyond Expectations. New York: Free Press.
Bungin, B. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Dewi, I. C., & Herawati, N. 2010. Analisis Dampak Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional terhadap Pembelajaran Organisasi pada PT Bangun Jaya Wacana Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 3(3).
Heru, T. 2004. Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional terhadap Kepuasan Bawahan. Jurnal Akuntansi & Manajemen. STIE YKPN.
Iscan, F. O. 2014. Effect of Leadership Style on Perceived Organizational Performance and Innovation: The Role of Transformational Leader ship beyond the Impact of Transactional Leadership – An Application Among Turkish SME’s. Journal International Procedia Social and Behavioral Sciences, 150, 881-889.
Khan, N. 2017. Adaptive or Transactional Leadership in Current Higher Education: A Brief Comparison. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(3).
Kurniadin, D., & Machali, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Narsa, I. M. 2012. Karakteristik Kepemimpinan: Transformasional Versus Transaksional. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 102-108.
Nazim, F., & Mahmood, A. 2016. Principals Transformational and Transactional Leadership Style and Job Satisfaction of College Teachers. Journal of Education and Practice, 7(34).
Okcu, V. 2014. Relation between Secondary School Administrators Transformational and Transactional Leadership Style and Skills to Diversity Management in the School. Journal Educational Sciences, 14(6), 2162-2174.
Robbins, S. P. 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Arcan.
Sudarwan, D. 2010). Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Pendidikan (IQ, EQ), Etika, Perilaku Motivational dan Mitos). Bandung: Alfabeta.
Tatilu, J., Lengkong, V. P. K., & Sendow, G. M. 214. Kepemimpinan Transaksional, Transformasional, Servant Leadership Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan PT Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Emba, 2(1).
Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wagimo, & Ancok, D. 2016. Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional dengan Motivasi Bawahan di Militer. Jurnal Psikologi UGM, 32(4).
Refbacks
- There are currently no refbacks.