PENERAPAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak: lingkungan Kondusif mendorong peningkatan prestasi peserta didik. Pembelajaran yang diperoleh peserta didik saling terkait dengan lingkungan yang tertata, aman, nyaman dan menarik sebagai tujuan dari peningkatan mutu pendidikan. Peserta didik dapat aktif menyalurkan potensi yang di miliki sesuai bakat dan minat masing – masing, untuk itu sekolah menata lingkungan agar kondusif dan siap di tempati peserta didik. Dalam lingkungan belajar Aktif peserta didik tidak merasa berat ketika memecahkan masalah, bahkan ini mendorong peserta didik lebih aktif berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman sebaya nya guna menanggapi dan memberi solusi dalam masalah yang di hadapi. Diharapkan penciptaan lingkungan yang kondusif ini mampu mengoptimalkan hasil belajar, proses interaksi dan evaluasi belajar peserta didik yang dalam kaitannya menunjang kualitas dan mutu pendidikan.
Kata kunci: lingkungan, kondusif, prestasi, aktif
Full Text:
PDFReferences
Arianti, A., 2019. Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika 11, 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Arnasih, N.W., n.d. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Cerita Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Calistung Siswa Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar 11.
Arsil, A., Yantoro, Y., Sari, R., 2018. Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. J. Gentala Pendidik. Dasar 3, 39–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6753
Arum, I.M., n.d. Implementasi Pembelajaran Islam Terpadu Dengan Pendekatan Multiple Intelligence di SD PTQ An-Nida Salatiga 30.
Arumsari, C., 2016. Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. J. Konseling Gusjigang 2. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.549
Arumsari, D., 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun. Assets J. Akunt. Dan Pendidik. 6, 13. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290
Astuti, M., n.d. Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang 1, 8.
Faidin, N., 2019. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo 7.
Fiana, F.J., Daharnis, D., Ridha, M., 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor 2. https://doi.org/10.24036/02013231733-0-00
Gunawan, Y.I.P., n.d. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa 02, 11.
Hadziq, A., 2016. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif (Studi Kasus Di MTS NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus) 4, 21.
Hanum, A., Annas, A., 2019. Penggunaan Kurikulum Serta Penanaman Nilai dan Spiritual Siswa. Indones. J. Learn. Educ. Couns. 1, 160–168. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.84
Hanum, F.F., 2019. Penerapan Teknologi Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Nonformal. JIV-J. Ilm. Visi 14, 1–16. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.1
Hariyani, T., 2019. Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Lingkungan Rumah Sehat Melalui Metode Word Square Pada Siswa Kelas I Semester II SD Negeri Mojo 03 3, 13.
Ibdalsyah, H., Indra, H.H., 2018. Peranan Lingkungan Belajar Dan Peraturan Pesantren Terhadap Mutu Pendidikan (Studi Analisis Di Pondok Pesantren Baitussalam Bogor) 16.
Jamilah, F., 2019. Landasan Filosofis Pendidikan Karakter Di Sd Luqman Al Hakim Timoho Yogyakarta 5, 7.
Kristiawan, M., Ahmad, S., 2017. Desain Pembelajaran Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. . P 2, 30.
Lepiyanto, A., 2011. Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Bioedukasi J. Pendidik. Biol. 2. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.201
Lestari, S., 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Materi Pokok Makromolekul Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 di SMA NEGERI 1 Rengat Barat 3, 13.
Lomu, L., n.d. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa 7.
Muayyadah, N., Asih, S.S., 2018. Hubungan Lingkungan Sekolah Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar IPS 8.
Muhtadi, A., n.d. Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Climate) Yang Kondusif Dan Berkualitas Dalam Proses Pembelajaran 10.
Mulyani, N.S., 2019. Teknohumanistik-Transformatif: Pengorganisasian Materi Dan Pembelajaran Bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013 3, 9.
Mulyasih, P.S., Suryani, N., 2016. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi 14.
Murdiyanto, Y., n.d. Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Pada Pokok Bahasan Sejarah Pra Aksara di MAN Blora Dan SMK Muhammadiyah 1 Blora Tahun Ajaran 2016/2017 10.
Nisa, I.K., Setiyani, R., 2016. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi 14.
Nur, S., n.d. Peranan Lingkungan Fisik Yang Kondusif Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah 9.
Nurastanti, Z., Ismail, F., n.d. Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin 6.
Perdana, N.S., 2018. Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik 9.
Pratama, A.R., 2019. Pengaruh Kemandirian, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa IPS 15.
Purwanti, D., 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia J. Ris. Pedagog. 1. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Putra, N., Fernandez, D., 2019. Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl)Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Pariaman 1, 7.
Rahayu, S., 2019. Penerapan Teknik Pembelajaran “P-O-I-N-E-T” Dengan Pendekatan Salingtemas Melalui Media Penjernihan Minyak Jlantah Pada Kompetensi Hidrokarbon 4, 10.
Rahman, A., 2019. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A SMPN 4 Kota Bima 9, 7.
Rahman, B., n.d. Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa 10.
Rahmawati, T.R., 2018. Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. J. Imiah Pendidik. Dan Pembelajaran 2. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Ramdhani, M.A., n.d. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter 08, 10.
Rasam, F., n.d. Peran Perhatian Orang Tua Dan Persepsi Pada Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Belajar (Survei Pada Peserta Didik Sekolah Menengah di Jakarta Selatan) 15.
Ratnasari, H.D., 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Semarang 9.
Rosala, D., 2016. Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar 2, 10.
Sa’idah, N., Yulistianti, H.D., Farida, Y.E., 2017. Efektivitas Penerapan Penilaian Otentik Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Peningkatan Kinerja Ilmiah Siswa. Refleksi Edukatika J. Ilm. Kependidikan 8. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1796
Saifuddin, A., 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X LIntas Minat Ekonomi di SMA Negeri 02 Batu 8, 12.
Sari, F., n.d. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa 9.
Separsa, A., 2019. Penerapan Teknik Kail Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Payangan 9, 6.
Setyawan, A.A., Simbolon, D., 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat. 11. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Sinta, T., 2019. Unnes Physics Education Journal 12.
Suasaningdyah, E., 2017. Teknik Penguatan Dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. J. Pendidik. Teori Dan Prakt. 1, 113. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p113-123
Sulistyowati, N.W., 2017. Implementasi Small Group Discussion Dan Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN. Assets J. Akunt. Dan Pendidik. 5, 173. https://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197
Wibowo, N., 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari 1, 12.
Winarni, E., Dewi, N.K., Martuti, N.K.T., 2015. Penerapan Model Think Pair Share Dengan Pendekatan Guided Inquiry Learning Pada Materi Pengelolaan Lingkungan 7.
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., Budimansyah, D., 2014. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah. J. Cakrawala Pendidik. 2. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.
Yuliana, N., Kusumawati, W., 2019. Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Mandiri (Self Directed Learning) Pada Pendidikan Keperawatan: A Literature Review Self-Directed Learning Methods on Nursing Education: A Literature Review 6, 8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.