PENTINGNYA MELAKUKAN EVALUASI DALAM PENERAPAN KURIKULUM DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Evaluasi merupakan suatu proses penilaian pada setiap kegiatan atau aktivitas yang digunakan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi maupun data dan dilakukan dengan menggunakan standar penilaian tertentu. Evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Evaluasi kurikulum merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menilai semua kegiatan yang ada pada kurikulum. Evaluasi dalam penerapan kurikulum di lingkungan sekolah sangat penting dilakukan karena berguna untuk mengetahui perkembangan lingkungan sekolah dengan adanya penerapan kurikulum saat ini. Jika sekolah dapat melaksanakan kurikulum pembelajaran dengan baik, maka juga akan berdampak pada kualitas output pada setiap peserta didik. Dalam penulisan karya ini kami menggunakan metode literatur review. Metode literatur review digunakan dalam mencari sumber maupun rujukan yang ada pada buku dan jurnal-jurnal yang telah kami baca.
Kata kunci: evaluasi, penerapan kurikulum, kurikulum sekolahFull Text:
PDFReferences
Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R. & Sinclair, J. 2020. Evaluating E-Learning Systems Success: An Empirical Study. Computers in Human Behavior, 102: 67–86. (Online). (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0747563219302912), diakses 10 September 2020.
Arifin, Z. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, S. 2017. Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga,16(1):78-92 . (Online). (https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666). Diakses 10 September 2020.
Astrini, 2010. Manfaat Emotional Intelligence Bagi Pengajar Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Binus University, 1(2):602-607. (Online). (https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/2901/2295), diakses 18 September 2020.
Gunawan, I & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Jailani., Kartowagiran. S. & Sugiyanto. 2015. Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(01): 82-95. Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4558), diakses 10 September 2020.
Kartowagiran, B. 2010. Evaluasi Kurikulum. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1): 1-9. (Online). (http://staffnew.uny.ac.id/upload/130693812/pengabdian/4-Evaluasi+Kurikulum,+5+-+30+Juli+2010.pdf). Diakses 10 September 2020.
Katuuk, D. A. 2014. Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. (Online). (https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858), diakses 19 September 2020.
Kusumaningrum, D. E., Benty, D. D. N. & Gunawan, I. 2019. Manajemen Peserta Didik: Suatu Pengantar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nurdin, A.M. 2019. Evaluasi Kurikulum Diklat Pembuatan Majalah Elektronik di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang. Jurnal Electronics and Computer Science,1-108. (Online). (https://lib.unnes.ac.id/33320/), diakses 18 September 2020.
Nuriyah, N. 2016. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1). (Online). (http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/327), diakses 10 September 2020.
Purba, E. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Adversiti Terhadap Hasil Belajar Evaluasi Hasil Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1): 26–36. (Online). (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5390), diakses 13 September 2020.
Risanty, R. D. & Sopiyan, A. 2017. Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling. Journal Prosiding Semnastek, (Online). (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2071), diakses 10 September 2020.
Rohman, M., & Amri, S. 2015. Manajemen Pendidikan Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Setiani, A., & Priansa, J. D. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, D. 2012. Landasan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 18–44. (Online). (http://file.upi.edu/Direktori/Fip/Jur._Pend._Luar_Biasa/196209061986011-Ahmad_Mulyadiprana/Pdf/Landasan_Kurikulum.pdf), diakses 18 September 2020.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2017. Bandung: Citra Umbara.
Wahyudin, D. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.