OPTIMALISASI PROSES SELEKSI SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Sri Wahyuni Putri Nur Cahyani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rekrutmen sumber daya manusia yang ada di Universitas Negeri Malang, yang meliputi proses rekrutmen sumber daya manusia, prosedur, dan hambatan dalam proses rekrutmen sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode ini dianggap dapat menggali informasi sedetail mungkin mengenail proses rekrutmen sumber daya manusia, sumber-sumber, dan hambatan dalam pelaksanaan rekrutmen sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam proses rekrutmen sumber daya manusia, mulai dari proses pendaftaran, seleksi, dan pengumuman. Dari penelitian ini juga menunjukkan hambatan dalam proses rekrutmen sumber daya manusia terletak pada kualitas sumber daya manusia dan juga soal-soal yang harus dihadapi oleh para calon peserta yang mengikuti rekrutmen.

 

Kata kunci: rekruitmen, sumber daya manusia, proses


Full Text:

PDF

References


Armstrong, M., & Taylor, S. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed.). London: Kogan Page.

Nurmansyah. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar. Pekanbaru: Unilak Press.

Samsudin, Sadil. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi, dan Pelatihan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, 6(1), 14-31.

Siagian, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfatin, N. dan Triwiyanto, T. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.