PENTINGNYA PENYUSUNAN JADWAL PELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Silvi Destriana Widyaningrum, Syafa Felanda Amalia, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstrak: Sekolah memiliki program-program yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satunya kurikulum pembelajaran dimana kurikulum sebagai instrumen untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum di Indonesia sering mengalami pergantian mulai kurikulum 1952 hingga kurikulum 2013. Selain itu juga kurikulum juga mengatur mengenai penyusunan jadwal untuk mewujudkan kurikulum sekolah. Jadwal sangat penting dalam proses pembelajaran. Di tengah pandemic seperti sekarang penyusunan jadwal agar pembelajaran berjalan efektif. Artikel ini menggunakan metode studi literatur yang bersumber dari buku, jurnal, serta artikel ilmiah yang kemudian dikaji dan dianalisis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil dari studi literatur ini menunjukkan bahwa sangat penting penyususnan jadwal pembelajaran dalam malaksanakan proses pembelajaran.

Kata kunci: kurikulum, penyusunan jadwal pembelajaran, proses pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Cucinotta, D., Vanelli, M., 2020. WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Bio Medica Atenei Parm. 91, 157–160. (Online). (https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397). diakses 6 Oktober 2020

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. (Online). (https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89), diakses 6 Oktober 2020.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. (Online). (https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56), diakses 2 Oktober 2020.

Mail, A., Nusran, M., Chairani, N., & Nur, T. (2018). Analisis Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Metode Campbell Dudeck Smith Dan Palmer Pada Pt. Bobi Agung Indonesia. 3(2), 7. (Online). (https://www.jurnal.teknologiindustriumi.ac.id/index.php/JIEM/article/view/233) diakses 3 Oktober 2020.

Mansur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. 10(2), 8. (Online). (http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/55/0), diakses 5 Oktober 2020.

Murhadi & Ponidi (2020). Pembelajaran Online yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMP Negeri 4 Pakem Sleman. 3(1). (Online). (http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article/view/549), diakses 6 Oktober 2020.

Okezone, 2020. Begini Para Santri Belajar di Tengah Pandemi : Okezone Lifestyle. (Online). (https://lifestyle.okezone.com/. URL https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/04/612/2288101/begini-para-santri-belajar-di-tengah-pandemi). diakses 5 Oktober 2020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum

Pfefferbaum, B., North, C.S., 2020. Mental Health and the Covid-19 Pandemic. N. Engl. J. Med. 383, 510–512. (Online). (https://doi.org/10.1056/NEJMp2008017).. diakses 6 Oktober 2020

Pribadi, A., & Yunus, M. (2016). Penyuusunan Jadwal Belajar Sekolah Menegah Yang Efektif Memanfaatkan Koputer Simulasi. (Online). (https://prosiding.polinema.ac.id/sentia/index.php/SENTIA2016/article/viewFile/46/41), diakses 2 Oktober 2020.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajagrafindo Persada

Sahlan, A & Prastyo, A. T. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sidin, U. S. (2016). Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran Berbasis Web (Online). (http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/viewFile/764/530), diakses 4 Oktober 2020.

Sudrajat, A. W., & Kom, S. (2012). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Disekolah Pada Lembaga Pendidikan Sosial Mandiri. 13. (Online). (https://core.ac.uk/download/pdf/35318972.pdf), diakses 4 Oktober 2020.

Spinelli, A., Pellino, G., 2020. COVID‐19 pandemic: perspectives on an unfolding crisis. Br. J. Surg.(Online). (https://doi.org/10.1002/bjs.11627) diakses 5 Oktober 2020

Wahidmurni, H. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.