PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA DI ERA GLOBALISASI

Ricky Herlambang Ahmad Ja’far

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan sumberdaya manusia dalam mengahadpi era globalisasi di Subag Kepegawaian Graha Rektorat Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode observasi kualitatif dengan sumber data yaitu kepala bagian kepegawaian Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembagan sumberdaya manusia yang dilakukan oleh bagian kepegawaian graham rektorat Universitas Negeri Malang adalah dengan: (1) pelatihan, (2) diklat, (3) aktualisasi diri pegawai, dan (4) pembenahan system rekrutmen.

 

Kata kunci: pengembangan sumber daya manusia, globalisai, kompetensi pegawai


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu, S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Noe, R.A. et.al. 2008. Fundamentals of Human Resource Management, 3rd edition. New York: Mc.Graw Hill

Rahmat, P.S. 2009. Penelitian Kualitatif. Jurnal. Equilibrium volume 5, halaman 1-8

Suryabrata, Sumadi., 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfatin, N. 2013. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: teori dan aplikasinya: studi kasus, etnografi, interaksi simbolik, dan penelitian tindakan pada konteks manajemen pendidikan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Ulfatin,N. dan Triwiyanto,T. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Yovanda.2017. Sri Mulyani Soroti Kualitas Sumber Daya Manusia. Online (Di akses pada 08 April 2019. https://ekbis.sindonews.com/read/1193791/33/sri-mulyani-soroti-kualitas-sumber-daya-manusia-indonesia-1491201140).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.