PARADIGMA MODEL EXPERIENCE OF LEARNING

Mutmainnah Mutmainnah, Achmad Supriyanto, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana rancangan paradigma pendidikan di masa depan yang berupa model pembelajaran yang dapat disebut Model Experience of Learning. Model pembelajaran ini diadopsi dari dua model pembelajaran yaitu model quantum teaching learning dan pembelajaran konstruktivisme tipe Novick. Hal yang mendukung dari bentuk adopsi ini adalah untuk mendukung terlaksananya kurikulum 2013 dengan membangun paradigma baru yang berbentuk model pembelajaran untuk kebutuhan di masa depan. Dalam penyusunan artikel ini menggunakan pendekatan studi kajian literatur yaitu mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan model pembelajaran tersebut serta langkah-langkah dalam mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. Dari kajian teori yang dipelajari dinyatakan bahwa dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 perlu untuk mengakses berbagai macam model pembelajaran yang relevan untuk dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan kelas.

 

Kata kunci: quantum teaching learning, konstruktivisme tipe novick, experience of learning


Full Text:

PDF

References


Ayu, Wita. R., Ariani, Tri. dan Arini, Wahyu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Physic Education Journal, 2(1), 36-48.

http://journalfkipunipa.org/index.php/kpej/article/view/98/66

Kurniaman, Otang. dan Noviana, Eddy. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary, 6(2), 389-396. DOI: 10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Marlina, Rina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. Skripsi diterbitkan. Jakarta: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Najib, Ashari., P, Muhammad. Ali., dan Nurhidayah. 2019. Penerapan Pembelajaran Konstruktivis-Novick dengan Media Edutainment terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sainsmat, 8(2), 82-92. DOI: 10.35580/sainsmat82107222019.

Priadi, Agus., Sarkawi, Dahlia., dan Oktaviani, Anggi. 2018. Strategi Penguasaan Pembelajaran di Kelas VIII Siswa SMP Islam Al Muhajirin Bekasi. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 297-304. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/362/319.

Rezeki, Sri. 2017. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. Jurnal SAP, 1(3), 281-291. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1203/1228.

Rizkita, Karine. dan Supriyanto, Achmad. 2020. Komparasi Kepemimpinan Pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155-164. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/32362/0.

Taufiq. dan Junaidi. Pembelajaran Matematika Melalui Model Konstruktivisme Tipe Novick untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Sains Riset (JRS), 10(1), 1-8.

http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/210/223

Yanuarti, Ary. dan Sobandi, A. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manejemen Pendidikan. 1(1), 11-18.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3261

Zafi, Ashif. Az., dan Falasifah, Firda. 2018. Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Mata Pelajaran PAI di SDN Purworejo 02 Pati. Jurnal Al-Qalam, 19(2), 1-12.

https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/509.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.