PERMASALAHAN YANG DIHADAPI MAHASISWA BARU DALAM MENJALANI KEHIDUPAN DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Mohamad Akbar Fitroni, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstrak: Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan dalam pendidikan tinggi, yang umumnya universitas. Sebagai mahasiswa baru terkadang mereka mengalami cultur shock karena banyak perbedaan antara di SMA dan universitas. Oleh karena itu, penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan di universitas dan solusi pemecahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pembagian angket dilakukan di Universitas Negri Malang, Fakultas Ilmu Pendidikan, progran studi Administrasi Pendidikan. Mahasiswa hendaknya berusaha mentaati perintah dan larangan guru serta tata tertib yang berlaku agar segera dapat melakukan adaptasi.

 

Kata kunci: mahasiswa, masalah, solusi


Full Text:

PDF

References


Achmat, Z., 2006. Efektivitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian Dan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru Umm Tahun 2005/2006.

Adiwaty, M.R., Fitriyah, Z., 2015. Efektifitas Strategi Penyesuaian Mahasiswa Baru Pada Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.

Amrullah, N., 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (s1). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Asiyah, N., 2013. Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru | Asiyah | Persona:Jurnal Psikologi Indonesia [WWW Document]. URL http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/98 (accessed 11.29.19).

Azizah, A., 2012. Inquiry Training Untuk Mengembangkan Keterampilan Meneliti Mahasiswa | Unnes Science Education Journal.

Bidjuni, H., 2016. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. J. Keperawatan 4.

Cendrawi, G.P., 2014. Minat Mahasiswa Baru Program Studi Akuntansi Dalam Memilih Jurusan Perkulahan. J. Ilm. Mhs. FEB 3.

Devinta, M., 2015. Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan Di Yogyakarta 15.

Dwijayanti, P., Yulianti, D., 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan.

Estiane, U., 2015. Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi 4, 12.

Fakhriyah, F., 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. J. Pendidik. IPA Indones. 3. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fitria, N., Hernawaty, T., Hidayati, N.O., 2013. Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi 1, 7.

Fitriana, Q.A., 2018. Studi Fenomenologi Penyesuaian DiriMahasiswa Baru Perempuan Pada Program StudiTeknik Nuklir Universitas Gadjah Mada.

Gemilang, R., 2016. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Sidoarjo. J. BK UNESA 6.

Indrianie, E., 2012. Culture Adjustment Training untuk Mengatasi Culture Shock pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Jawa Barat 14, 10.

Irene Saulina Sitorus, L., 2013. Perbedaan Tingkat Kemandirian Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan Suku Batak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Character J. Penelit. Psikol. 1.

Irfan, M., Suprapti, V., 2014. Hubungan Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga 3, 7.

Istichomaharani, I.S., Habibah, S.S., 2016. Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent Of Change, Social Control, Dan Iron Stock” 2.

Jananto, A., 2013. Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa 18.

Japa, I.G.N., 2014. Pengaruh Pembelajaran Kuantum Berorientasi Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Penalaran Mahasiswa. J. Ilmu Pendidik. 20. https://doi.org/10.17977/jip.v20i1.4373

Lestari, S.S., 2016. Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Riau Di Yogyakarta. J. Ris. Mhs. Bimbing. Dan Konseling 5.

Mitasari, Z., Istikomayanti, Y., 2017. Studi Pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Luar Jawa Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang | Mitasari | Research Report [WWW Document]. URL http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/1299 (accessed 11.29.19).

Muhlisa, M., 2018. Peran Mahasiswa dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi | Jurnal Kesehatan [WWW Document]. URL http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/84 (accessed 11.29.19).

Muhson, A., 2009. Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran 39.

Muhtadi, A., 2018. Implementasi Konsep Pembelajaran “Active Learning” Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Perkuliahan 12.

Nasari, F., Darma, S., 2013. Penerapan K-Means Clustering Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Potensi Utama). Semnasteknomedia Online 3, 2-1–73.

Nurbaiti, K., 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Universitas Esa Unggul Angkatan 2014.

Nursuprianah, I., Sholikhah, M., 2009. Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Mata KuliahAljabar Matriks (Studi Kasus Pada Semester IV Tadris MatematikaTahun Akademik 2008/2009 Di STAIN Cirebon) 1.

Pamungkas, A.S., Yuhana, Y., 2016. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JPPM J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat. 9. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.995

Pratiwi, D., Lailatushifah, S.N.F., 2015. Kematangan Emosi Dan Psikosomatis Pada Mahasiswa Tingkat Akhir 7.

Primasari, W., 2014. Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Diri Dalam Berkomunikasi Studi Kasus Mahasiswa Perantau UNISMA Bekasi. J. Ilmu Komun. 12, 13.

Puspitasari, K.A., Islam, S., 2016. Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Dan Calon Potensial Mahasiswa Pada Pendidikan Jarak Jauh Di Indonesia 13.

Romadiastri, Y., 2016. Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenom. J. Pendidik. MIPA 2, 76–92. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419

Rosana, D., Jumadi, J., Pujianto, P., 2014. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Program Kelas Internasional Melalui Pembelajaran Berbasis Konteks Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Mekanika. J. Pendidik. IPA Indones. 3. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2896

Rozali, Y.A., 2015. Hubungan Efikasi Diri Akademik Dan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Penyesuaian Diri Akademik Pada Mahasiswa Ueu Jakarta. J. Psikol. Esa Unggul 13, 126455.

Saparwadi, L., Aini, Q., 2016. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Program Linear: Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Matematika. J. Tatsqif 14, 33–48. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.20

Sari, R.P., Andayani, T.R., Masykur, A.M., 2010. Pengungkapan Diri Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Diponegoro Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Harga Diri. J. Psikol. 3, 11–25. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2.11 - 25

Sasmita, I.A.G.H.D., Rustika, I.M., 2015. Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Setyawan, I., 2010. Peran Kemampuan Empati Pada Efikasi Diri Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata PPM POSDAYA. Presented at the Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis - HIMPSI, Yogyakarta, pp. 296–300.

Suciani, D., Rozali, Y.A., 2014. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul.

Suryandari, N., 2016. Culture Shockcommunication Mahasiswaperantauan Di Madura.

Tangidy, A.M., Setiawan, T.A., 2016. Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game untuk Mahasiswa. Sabda J. Kaji. Kebud. 11, 16–25. https://doi.org/10.14710/sabda.11.2.16-25

Tangkudung, J.P.M., 2014. Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin Dalam Menunjang Studi Mahasiswa Fisip Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna Komun. 3.

Trisnowati, H., Sunarti, S., 2016. Optimalisasi Peran Mahasiswa Dalam Penerapan Kawasan Tanpa Rokok 7.

Wahyudi, H., Fernando, T., Ahmad, A., Khairani, A., Fatimah, F., Agung, I.M., Milla, M.N., 2013. Peran Kepercayaan politik dan Kepuasan Demokrasi terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa. J. Psikol. 9, 94–99. https://doi.org/10.24014/jp.v9i2.171

Widuri, E.L., 2012. Regulasi Emosi dan Resiliensi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Humanit. J. Psikol. Indones. 9, 24531.

Wihyanti, R., 2017. Peran Mahasiswa Dalam Pemenuhan Hak Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah.

Wijaya, I.P., 2012. Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Pers. Psikol. Indones. 1. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Winata, A., Chalik, A.A., Syamsudin, C., 2014. Adaptasi Sosial Mahasiswa Rantau Dalam Mencapai Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Di Kelurahan Kandang Limun Kota Bengkulu) (ut). Universitas Bengkulu.

Fendiksalam, 2012. Arti Sebenarnya Mahasiswa. https://fendiksalam.wordpress.com/2012/05/10/arti-sebenarnya-mahasiswa/, diakses 06 Oktober 2019.

Wikipedia, 2019. Mahasiswa. https://id.wikipedia.org/wiki/Mahasiswa, diakses 06 Oktober 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.