PEMBANGUNAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI KEIKUTSERTAAN DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Menella Angelia Putri, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan tentang bagaimana organisasi mahasiswa sangat berperan penting dalam membangun karakter atau nilai-nilai karakter dalam diri mahasiswa. Peranan Organisasi mahasiswa terhadap pembangunan karakter mahasiswa yaitu sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan memacu pola pikir siswa untuk berfikir lebih kritis bertanggung jawab dan ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan pola interaksi antar individu dengan individu lainnya untuk membangun karakter individu tersebut mahasiswa cenderung lebih aktif dan tanggap ketika menghadapi persoalan dan ini juga berpengaruh dari cara berfikir mereka nilai dari segi kognitif pun ikut naik secara signifikan dan positif. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Metode ini menggunakan teknik penelitian observasi dan eksperimen atau juga dengan wawancara terbuka. Pendapatan data berupa deskripsi pendapatan dari responden. Hasil beberapa mahasiswa kurang lebih 9-10% yang mengikuti kegiatan mahasiswa karakter yang ada pada dalam dirinya lebih kuat dibandingkan siswa yang tidak mengikuti organisasi mahasiswa. Simpulan yang dapat di ambil adalah nilai-nilai karakter bisa dibentuk dari segala aspek terutama dalam organisasi mahasiswa. Mahasiswa akan sangat aktif dilingkungan kampus maupun luar kampus. Interaksi dan komunikasi mereka akan sangat aktif dibanding mereka yang tidak ikut organisasi mahasiswa. Berdasarkan hasil, juga siswa yang mengikuti organisasi mahasiswa akan mendapat pengalaman dari segi empiris karena sering berinteraksi dari pola interaksi inilah tercipta atau terbentuknya nilai-nilai karakter mahasiswa.

 

Kata kunci: pembangunan karakter, mahasiswa, organisasi mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Adzikri, F., 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Penguatan Pendidikan Oleh Resimen Mahasiswa Satuan 126 Muhawarman Melalui Cagar Budaya Radio YBJ-6 PDRI 9.

Afandi, A., 2012. Implementasi Pendidikan Nilai Moral (Living Value) Untuk Membina Karakter Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram 10.

Afandi, R., 2011. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagog. J. Pendidik. 1, 85. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32

Alaihimi, W.S., 2014. Perbandingan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan 1, 8.

Alfan, A., 2014. Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Institut Di Universitas Negeri Surabaya 1, 19.

Alfiana, A.D., 2013. Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan 01, 15.

Aw, S., 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal. J. Pendidik. Karakter. 10.

Deagustami, R., Widodo, S.,. Hubungan Antara Keikutsertaan Mahasiswa Dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Lampung 7.

Fajarini, U., 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didakt. Soc. Sci. Educ. J. 1, 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Febriana, B., Winanti, L., Amelia, S., 2013. Hubungan Antara Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar (Indeks Prestasi) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia 4.

Ghufron, A., 2010. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran 12.

Hamid, A., Sudira, P., 2013. Penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. J. Pendidik. Vokasi 3. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1592

Hos, J., 2018. Interaksi Sosial Antara Kader Organisasi Dakwah Mahasiswa (Studi pada Universitas halu Oleo) 10.

Ifham, A., Helmi, A.F., 2002. Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kewirausahaan Pada Mahasiswa 23.

Jayen, F., 2018. Pengaruh Beasiswa Dan Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Belajar Aktivis Mahasiswa Stie Pancasetia Banjarmasin 11.

Kasiyati, S.B., Budiarti, E., 2015. Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Pelatihan ESQ Guna Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Untag Surabaya 6.

Kurniawati, R., Leonardi, T., Psi, M., 2013. Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas 2, 6.

Lestari, N., Syabrus, H., 2015. Influence Of Activity In Students Organizations On Result Learning Students Economic Education Fkip University Of Riau 11.

Lestyarini, B., 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. J. Pendidik. Karakter. 15.

Maulana, H., 2015. Konsep Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa Di Yogyakarta 5.

Munajat, A., Hurri, I., Siwiyanti, L., 2018. Pelatihan Manajemen Organisasi Dan Kaderisasi Serta Implementasi Pendidikan Politik Dalam Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) 2, 6.

nal Education and development, 2019. 5.

Nety, Y., Yanzi, H., 2013. Hubungan Pemahaman Konsep Civic Partisipatory Dengan Sikap Empati Dalam Mengikuti Organisasi Mahasiswa 12.

Ngongo, K.P., Gafur, A., 2017. Hubungan keterlibatan dalam organisasi badan (BEM) dengan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis mahasiswa. Harmoni Sos. J. Pendidik. IPS 4, 101. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.11282

Novianty, F., 2014. Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan Di Stkip-Pgri Pontianak 12, 12.

Oviyanti, F., 2016. Karakteristik Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Negeri Dan Peranannya Dalam Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa (Studi pada Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya) 66.

Pertiwi, M.C., Sulistiyawan, A., Rahmawati, I., n.d. Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam Menciptakan Leadership 8.

Prihma Sinta Utami, M.P., 2019. Urgensi Internalisasi Nilai Kemuhammadiyahan Berbasis Wawasan Kebangsaan dengan Konsep Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah. JPK J. Pancasila Dan Kewarganegaraan 4, 62–70. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n2.2019.pp62-70

Purnama, S.S., 2014. Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik ) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya 10.

Putri, N.A., 2013. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas Int. J. Indones. Soc. Cult. 3. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317

Rahmadyah, A.A., Sutojo, T., 2017. Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mengukur Regresi Anatara Keaktifan Mahasiswa di Organisasi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa 16, 9.

Rahmawaty, P., Suwarto, D.H., Endarwati, M.L., 2011. Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Melalui Kewirausahaan Sosial (Sociopreneurship) 15.

Ramdhani, M.A., 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter 08, 10.

Ridlo, S., Irsadi, A., 2012. Pengembangan Nilai Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran 10.

Rifandi, R., Rossa, R., Rahmi, Y.L., 2018. Kepemimpinan dan Optimalisasi Peran Aktivis Mahasiswa 3.

Rivaldi, S., 2013. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak 2013 9.

Samsiyah, S., 2017. Pengaruh Motivasi, Organisasi Kemahasiswaan, Dan Pengembangan Minat Bakat Terhadap Prestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Adi Buana Surabaya 14.

Saragih, J.H., Valentina, T.D., Psi, S., 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan Di Lingkungan Universitas Udayana 10.

Septiani, P., 2017. Orientasi Karakter Perilaku Aktivis Mahasiswa 11.

Sudrajat, A., 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? J. Pendidik. Karakter. 12.

Sumarni, S., Dardiri, A., Zuchdi, D., 2015. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga. J. Pembang. Pendidik. Fondasi Dan Apl. 3, 44–57. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7811

Surya, Y.F., 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini 10.

Suryani, N., 2013. Value Clarification Technique 23, 12.

Susanti, M.H., 2017. Menguatkan Karakter Kebangsaan Indonesia di Era Globalisasi 8.

Taufik, M., Affandi, M.A., 2014. Resistensi Gerakan Mahasiswa Terhadap Kapitalisasi Pendidikan 13.

Wahono, M., 2018. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. Integralistik 29, 1–7. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696

Wening, S., 2012. Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. J. Pendidik. Karakter. 12.

Winarni, S., 2013. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan. J. Pendidik. Karakter. 13.

Yolanda, F., Dahlia, A., Norefa, N.D., 2019. Pelatihan Pembentukan Karakter Berorganisasi Bagi Mahasiswa 7.

Yunus, R., 2013. Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa 14, 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.