PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Lia Sajidah Rusydayana, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penulisan ini adalah merencanakan peningkatan minat belajar mahasiswa melalui motivasi dan juga sekaligus pembentukan karakter melalui penegakan kedisiplinan mahasiswa oleh dosen. Motivasi merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Seorang mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi kecenderungan memiliki minat belajar yang tinggi pula. Dengan adanya motivasi yang tinggi akan semakin mendorong mahasiswa untuk lebih giat lagi dalam belajar sehingga hasionya pun semakin meningkat. Kendala untuk membentuk karakter pada saat ini yaitu adanya globalisasi yang sudah mengarah kepada seluruh aspek lapisan masyarakat. Tetapi kuat dan lemahnya motivasi mahasiswa yang dimiliki mahasiswa kembali kepada diri masing-masing mahasiswa, tergantung niat dan minat dari pribadi mahasiswa itu sendiri.

 

Kata kunci: kedisiplinan, motivasi, prestasi belajar mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. 2011. Menanamkan Disiplin Pada Anak Melalui Dairy Activity Menurut Ajaran Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam. -Ta'lim, 9(1),17-29. Dari http://jurnal.upi.edu/file/02_menanamkan_disiplin_pada_anak_melalui_dairy_activity-ani.pdf.

Aini, Prastya Nor, dan Abdullah Taman. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10 (1). Dari https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921.

Amalia, Sulfi, dan Juni Wulan Ningsih. 2014. Pendidikan Karakter Mahasiswa: Memberikan Suri Tauladan terhadap Dosen. Prosceeding Seminar Nasional Psikometri, 119-124. Dari http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6405.

Aritonan, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 11-21. Dari Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar.pdf.

Arjanggi, Ruseno, and Titin Suprihatin. 2011. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Hubs-Asia, 10 (1). Dari http://hubsasia.ui.ac.id/old/index.php/hubsasia/article/view/666.

Bire, Arylien Ludji, Uda Geradus, and Josua Bire. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 44 (2). Dari https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.

Brahmasari. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/17039/17003.

Cleopatra, Maria. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (2). Dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/336.

Farhan, Muhamad, dan Heri Retnawati. 2014. Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2): 227–40. Dari https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Gea, Antonius Atosökhi. 2014. Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora 5 (2): 777–85. Dari https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133.

Hadianti, Leli Siti. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2 (1): 1–8.

Hamdu, Ghullam, and Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1): 6.

Helmi, Avin Fadilla. 2016. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi 4 (2): 32–41.

Herawan, Kadek Dedy, dan I. Ketut Sudarsana. 2017. Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Suddhamala untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu 3 (2): 223–36. Dari https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.203.

Julia, J., I. Isrok’atun, dan Indra Safari. 2018. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.” UPI Sumedang Press.

Koesmono. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerha Serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/16362/16354.

Kustiawan, Anik, Agung Budi Prasetijo, dan Adian Fatchur Rochim. 2011. Perancangan Sistem Konsultasi Akademik Online Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip. Dari http://eprints.undip.ac.id/25735/.

Kusuma, Zuhaira Laily, dan Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal 4 (1). Dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4693.

Latipah, Eva. 2015. Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi 37 (1): 110 – 129. Dari https://doi.org/10.22146/jpsi.7696.

Mopangga, Herwin. 2014. Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13 (1): 78–90. Dari https://doi.org/10.23969/trikonomika.v13i1.486.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 (2). Dari https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Mulyani, Dessy. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2 (1). Dari https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00.

Murti, Harry, and Veronika Agustini Srimulyani. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja pada PDAM Kota Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 1 (1): 8.

Murwati, Hesti. 2012. “Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta.” 2012. Dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/30578/Pengaruh-sertifikasi-profesi-guru-terhadap-motivasi-kerja-dan-kinerja-guru-di-smk-negeri-se-Surakarta.

Musianto, Lukas S. 2002. Perbedaan Pendekata Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15628.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8 (1). Dari https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333–52. Dari https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rachmawati, Imami Nur. 2007. Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia 11 (1): 35–40. Dari https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184.

Rahardja, Alice Tjandralila. 2004. Hubungan Antara Komunikasi antar Pribadi Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMUK BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 03.

Rajagukguk, Bresman. 2009. Paradigma Baru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 06 (1).

Reski, Niko, Taufik Taufik, dan Ifdil Ifdil. 2017. Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (2): 85-91–91. Dari https://doi.org/10.29210/120182184.

Reza, Rifqi Amal, Harlen Harlen, dan Daviq Chairilsyah. 2019. Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11 (3). Dari https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/7830.

Rismayanthi, Cerika. 2013. Mengembangkan Keterampilaln Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9 (1). Dari https://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3065.

Safitri, Erma. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 1 (4). Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/6262.

Sartika, Rina, Emidar Emidar, and Ermawati Arief. 2013. Kemampuan Membedakan Kalimat Fakta Dan Opini Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas X SMK-SMAK Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1 (2): 201–8. Dari https://doi.org/10.24036/1311-019883.

Setianingsih, Dina. 2008. Perbedaan Kedisiplinan Belajat Siswa Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua . Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dari http://eprints.ums.ac.id/1362/.

Setiawan, Agung. 2013. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan pada RSUD Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (4). Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/6280.

Sjukur, Sulihin B. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1043/844.

Sobri, Muhammad, dan Moerdiyanto. 2014. Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhaap Hasil Belajar Ekonomi MAdrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1 (1). Dari https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Teori-Teori Motivasi. Tentang Pendidikan, 7.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 3 (1). Dari https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.

Syafrida, Rina. 2012. Kajian Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak di Kota Banda Aceh. Visipena Journal 3 (2). Dari https://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=42.

Tamuri, Ab Halim, dan Mohamad Khairul Azman Ajuhary. 2010. Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Berkesan Berteraskan Konsep Mu‘allim, Jurnal Pendidikan Penabur, 02 (1), 43-56.

Tristiantari, Ni Ketut Desia, and I. Made Sumantri. 2016. MOdel Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5 (2): 203–11. Dari https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493.

Wahyudi, Tri Nur. 2016. Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam Mempromosikan Guru Pembelajar untuk Meningkatkan Proffesional Guru. Seminar Nasional Pendidikan (SNP), ISSN: 2503-4855.

Widayati, Ani. 2004. Metode Mengajar sebagai Strategi dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 3 (1). Dari https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.836.

Widhianawati, Nana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. 2 (9).

Zubaidah, Siti. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientifik Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 11 (1): 1000–1011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.