DAMPAK HANDPHONE BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA KHUSUSNYA ANAK ANAK

Khairun Nisa’, Achmad Supriyanto

Abstract


 

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat cepat dan pesat. Dengan adanya perkembangan tersebut kita bisa mengakses layanan apa saja, bahkan hal yang sulit kita dapatpun sekarang bisa kita akses melalui handphone. Banyak sekali hal yang kita peroleh dengan adanya perkembangan teknologi ini. Tetapi dengan adanya teknologi ini kita menjadi masyarakat yang cenderung malas dan ingin hal yang instan dan cepat. Dengan demikian dampak dari teknologi ada negatifnya, tapi bukan hanya negatif saja, pasti semua ada dampak positifnya, seperti kita bisa menghubungi keluarga kita yang berada di luar daerah, ataupun kita bisa mencari buku atau membaca artikel dengan mudah tanpa perlu mencari ke perpustakaan. Dengan metode deskriptif penulis berusaha untuk mengetahui dampak smartphone bagi pendidikan Indonesia khusunya anak-anak. Hasil penelitian antara lain untuk mengetahui tentang dampak-dampak penggunaan smartphone, yaitu dampak negatif dan positif. Sehingga pembaca bisa mengetahui harus bagaimana dalam perkembangan smartphone dan bisa menambah wawasan pembaca dengan adanya artikel ini.

 

Kata kunci: handphone, pendidikan, anak anak

 


Full Text:

PDF

References


Mellianawati, Oktavia, N (2018). Pengaruh Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas X Akuntansu Di SMKS Kepanjen Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/73190. (diakses 18 november 2019).

Warsiyah, (2016). Perilaku Menyontek Mahasiswa Muslim. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/376. (diakses 18 november 2019).

Pardede, M. (2016). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/13. (diakses 18 november 2019).

Valendri, E. (2017). Upaya Guru Pembimbing Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Bimbingan Belajar di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/216. (diakses 18 november 2019).

Putra. A. C (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/bitnet/article/view/752. (diakses 23 november 2019).

Rozalia. F. M (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4821. (diakses 23 november 2019).

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Online).

https://academia.edu/jurnal-metode-penelitian-deskriptifpdf. Html (diakses 23 november 2019).

Asyik, dkk. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Remaja Dikelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/8161. (diakses 18 november 2019).

Rohmawati. H. E. (2014). Hubungan antara Konsep Diri dan Kemampuan Memaknai Hidup pada Narapidana Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Semarang. http://www.jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/614. (diakses 23 november 2019).

Siti, K. Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa di Man 2 Kuningan. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/3370. (diakses 18 november 2019).

Nasarani,dkk (2016). Perilaku Sosial Siswa Smp Kristen Widhodho Purworejo Dalam Penggunaan Media Sosial. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/14074. (diakses 17 november 2019).

Wijanarko, (2018). Pemanfaatan Ict Oleh Pemuda Tani Dalam Pembangunan Pertanian Dan Pedesaan (Kasus Pemuda Tani Lumbung Sumber Daya Pemuda Salatiga). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jsea/article/view/29526. (diakses 18 november 2019).

Manumpil, dkk (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/7646. (diakses 11 november 2019).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (2012:3).

Ralasari, M, T. (2015). Upaya Pengubahan Perilaku Membolos Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Model CBT.

http://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/view/214. (diakses 18 november 2019).

Poerwadarminta, S, J,W. (2011). Pengertian Anak.

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4542/3/BAB%20II.pdf (diakses 24 november 2019).

Manuaba, A. K. A. I (2014). Pengaruh Prior Experience, Product Knowledge Dan Satisfaction Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Brand Switching Dalam Pembelian Handphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha) Tahun 2014. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4444. (diakses 11 november 2019).

Puspitaningtyas. R. A (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Panji Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/306. (diakses 18 november 2019).

Pamartha, dkk, (2018). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1476. (diakses 17 november 2019).

Permatasari. I. B. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2727. (diakses 18 november 2019).

Chusna, A, P.(2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/viewFile/842/586. (diakses 24 november 2019).

Ratnasari,dkk, (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/5181. (diakses 18 november 2019).

Abdurrahman, dkk (2019). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pengguna Hp Oppo (Study Kasus Di Pesantren Miftahul Huda Kepanjen-Malang). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2245. (diakses 18 november 2019).

Pratiwi. S. S (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6074. (diakses 18 november 2019).

Raharjo. P. G. P dan Marwanto. A (2015). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mesin/article/view/3284. (diakses 18 november 2019).

Khoiroh, dkk (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/13986. (diakses 18 november 2019).

Hasbullah dan Rahmawati. Y. A (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/163. (diakses 18 november 2019).

Husen, dkk, (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor | Husein | Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/262. (diakses 11 november ).

Wahidah, dkk (2014). Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4610. (diakses 11 november 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.