PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Iva Ning Nur Agustin, Achmad Supriyanto

Abstract


 

Abstrak: Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keberagaman, mulai dari keberagaman suku, budaya, bahasa, agama dan masih banyak lagi. Indonesia merupakan negara yang besar dapat dibuktikan dari banyaknya ribuan pulau, suku yang tersebar di daratan nusantara ini. Dengan keadaan geografis yang demikian menjadikan Indonesia menjadi negara yang kaya akan bermacam-macam kelebihan. Sistem yang ada di Negara Indonesia sedang mengalami banyak perkembangan mulai dari sistem sosial, ekonomi, budaya dan salah satunya ada sistem pendidikannya. Pendidikan di Indonesia sedang dalam kondisi dimana mengalami perubahan. Pendidikan sendiri merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan sekelompok orang yang dibudidayakan atau turun-temurun dari satu generasi yang satu ke generasi selanjutnya. Proses penurunan tersebut melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian. Pendidikan dapat terjadi dengan 2 proses, bisa secara pembelajaran yang diturunkan dari orang lain dan pembelajaran yang dipelajari sendiri atau bisa disebut otodidak. Di Indonesia ada 3 sistem pendidikan, yang pertama ialah sistem pendidikan formal yaitu pendidikan yang didapatkan dari bangku persekolahan, yang kedua ada sistem pendidikan informal yaitu pendidikan yang didapatkan dari dalam keluarga. Dan yang terakhir ada sistem pendidikan nonformal, yaitu pendidikan yang didapatkan dari lungkungan masyarakat.

 

Kata kunci : perbedaan, pendidikan, belajar

 


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V1i1.32

Agustin, Y. (N.D.). Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan. 11.

Ali, M. (N.D.). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. 17(1), 14.

Al-Jawi, M. S. (2012). Pendidikan Di Indonesia : Masalah Dan Solusinya. 8.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. (2), 18.

Ariasa Giri, I. M. (2016). Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 44. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V2i1.60

Arifin, A. H. A. (N.D.). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia. 11.

Baharun, H. (N.D.). Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. 12.

Colombo, J. (N.D.). Universitas Negeri Yogyakarta. 20.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. 8, 15.

Dedy Herawan, K., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V3i2.203

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. (3), 8.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. Https://Doi.Org/10.15408/Sd.V1i2.1225

Fitriyadi, H. (N.D.). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. 16.

Hartini, N. (2011). Metodologi Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam. 9(1), 13.

Hasan, S. H. (N.D.). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. 22(1), 15.

Hidayat, O. S., Ed, M., & Madya, W. (N.D.). Psikology Pendidikan. 5.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13. Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V18i1.274

Kunci, K. (2013). Character Education Management. Jurnal Pendidikan Karakter, 7.

Lestari, G. (N.D.). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara. 7.

Mularsih, H. (2010). Instructional Strategies, Personality Types And The Outcome Of Junior High School Students On Learning Bahasa Indonesia. Makara Human Behavior Studies In Asia, 14(1), 65. Https://Doi.Org/10.7454/Mssh.V14i1.226

Muqoyyidin, A. W. (1970). Membangun Kesadaran Inklusifmultikultural Untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 131. Https://Doi.Org/10.14421/Jpi.2013.21.131-151

Mustari, M., Rahman, M. T., & Persada, R. (N.D.). Manajemen Pendidikan. 33.

Mustika, I. (N.D.). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. 8.

Nasution, E. (2006). Problematika Pendidikan Di Indonesia Oleh: 10.

Pakasi, D. T., & Kartikawati, R. (2013). Antara Kebutuhan Dan Tabu: Pendidikan Seksualitas Dan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Di Sma. 9.

Prasetyo, B., & Si, M. (N.D.). Ruang Lingkup Dan Definisi Sosiologi Pendidikan. 37.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V16i3.456

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V16i2.1129

Ramdhani, M. A. (N.D.). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. 08(01), 10.

Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.15408/Sd.V1i1.1200

Rustaman, N. Y. (N.D.). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains. 21.

Saddhono, K. (N.D.). Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswaasing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik Dan Sastra, 24(2), 11.

Sadia, W. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V2i2.2165

Sauri, S. (N.D.). Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun Di Sekolah. Mimbar Pendidikan, (1), 9.

Siswoyo, D. (2013). Pandangan Bung Karno Tentang Pancasila Dan Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V5i1.1264

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 12.

Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. Https://Doi.Org/10.22146/Jf.12614

Suratno, T. (N.D.). Memaknai Etnopedagogi Sebagai Landasan Pendidikan Guru Di Universitas Pendidikan Indonesia. 16.

Suryana, S. (N.D.). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspepektif Pembangunan Pendidikan. 12.

Susanto, O. E. (2006). Pendidikan Agama Berbasis Multikultural. (1), 9.

Tabrani Za. (2017). Sistem Pendidikan Di Indonesia-Antara Solusi Dan Ilusi. Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.2.21465.62569

Tjalla, A. (N.D.). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau Dari Hasil-Hasil Studi Internasional. 22.

U.S, S. (2015). Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V2i2.92

Usman, H., & Eko Raharjo, N. (2013). Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V5i1.1253

Wardiana, W. (N.D.). Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia ∗). 6.

Widodo, H. (2016). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Cendekia: Journal Of Education And Society, 13(2), 293. Https://Doi.Org/10.21154/Cendekia.V13i2.250

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatisme Dan Libralisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan. Journal Of Education Research And Evaluation, 1(4), 283. Https://Doi.Org/10.23887/Jere.V1i4.11925

Zaki, Ahmad. (2019). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan [Preprint]. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/X76ab

Zuchdi, D., & Prasetya, Z. K. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.